JA Biz - шаблон joomla Видео

Berita Teknik Lingkungan

Pengembangan TLK

GL & FTP Teknik Lingkungan

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie Melakukan Aksi Kecil untuk Bumi

Pada tanggal 2 April 2017, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie (HMTL-UB) dan 15 orang volunteer mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie angkatan 2016 telah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Aksi Kecil Untuk Bumi” di Yayasan Yatim Piatu Bamadita Rahman, Lubang Buaya, yang merupakan program kerja baru dari departemen Penelitian dan Pengembangan HMTL-UB.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 30 anak panti yang berlatar belakang pendidikan SD-SMP dan 6 orang pengasuh. Acara dimulai dari pagi hari sampai sore. Pukul 09.30 WIB acara dimulai dan dipandu oleh Medinah dan Yogi Supiarman dan kegiatan pertamanya adalah pemberian materi pemilahan sampah oleh Rizkiah Aulia Hanifah dan Akbar Aditiawarman Putra. 

Untuk membuat anak-anak ini tetap fokus dan semangat kami membuat jargon yang ketika MC ataupun pemateri bilang ‘lingkungan’ maka adik-adik harus menjawab ‘ku sayang ku jaga’ dengan melibatkan gerakan tangan. Materi pemilahan sampah memberi ilmu baru bagi adik-adik panti bahwa ada 3 jenis sampah secara umum, yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan residu. Di akhir materi diadakan review agar adik-adik tersebut lebih ingat dan memahami ketiga jenis sampah tersebut.

Setelah pemberian materi pemilahan sampah, acara selanjutnya adalah mendaur ulang. Terbagi dalam tiga kelompok, adik-adik panti diajarkan untuk mendaur ulang botol plastik menjadi tempat pensil dengan kreativitas hasil tangan mereka sendiri. Mereka sangat antusias menghias botol plastik tersebut dengan manik-manik yang tersedia, apalagi dalam tiga kelompok tersebut masing-masing akan dipilih dua hasil daur ulang yang paling kreatif untuk selanjutnya keluarlah dua pemenang berdasarkan hasil daur ulang yang paling menarik.

Pukul 11.30 WIB adik-adik panti bersiap untuk solat berjamaah dan makan bersama. Pukul 13.00 WIB dimulailah kegiatan berkebun. Adik-adik panti diarahkan untuk membentuk 10 barisan yang terdiri dari masing-masing baris 3 orang untuk menanam tanaman hias yang sudah disiapkan. Sebelumnya mereka mengaku belum pernah berkebun jadi ketika ini dilaksanakan mereka semua turun tangan untuk memindahkan tanamannya kedalam pot yang sudah disediakan. Setelah itu kita semua foto bersama.

Setelah acara berkebun selesai, berakhirlah acara pengabdian masyarakat ini. Acara ditutup dengan membagikan kuesioner dan pembacaan doa oleh Primazahra Agya Zaenal Mutaqin. Kemudian ada pemberian donasi berupa buku pelajaran dan komik gratis dari Jendela Jakarta dan sejumlah uang serta barang untuk adik-adik di yayasan yatim piatu tersebut.

Kami berharap bahwa program kerja terbaru dari Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie ini dapat berlanjut di tahun depan. Semoga ilmu yang kami bagikan kepada adik-adik panti bermanfaat dan kemudian mereka bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.