(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Sidebar

Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (Prodi ITP) Universitas Bakrie merupakan program studi yang menyelenggarakan program pendidikan tingkat sarjana (S1) dengan fokus pada bidang ilmu pangan. Cakupan ilmu pangan meliputi mata rantai penanganan bahan pangan mulai dari tahap pascapanen hingga produk pangan siap dikonsumsi. Prodi ITP akan terus berkembang seiring dengan perkembangan industri pangan nasional maupun global.

 

Kegiatan akademik Prodi ITP dijabarkan ke dalam kurikulum operasional yang ditopang oleh empat pilar utama teknologi pangan, yaitu: (1) kimia pangan, (2) mikrobiologi pangan, (3) gizi pangan, dan  (4) pengolahan pangan. Selain empat pilar tersebut, kurikulum juga mencakup berbagai aspek kekinian yang mendukung mata rantai penanganan bahan pangan dan direpresentasikan ke dalam mata kuliah keamanan pangan, kehalalan produk pangan olahan, perilaku konsumen, pengembangan produk, dan komunikasi bisnis. 

 

Kegiatan akademik lainnya yang rutin diselenggarakan oleh Prodi ITP dalam mengembangkan soft skill mahasiswa yaitu dengan kegiatan belajar langsung dari para praktisi di bidangnya (experience the real things). Kegiatan tersebut meliputi program kunjungan lapang (field visit program) ke berbagai industri, kuliah tamu dari para pakar baik dalam maupun luar negeri, serta melaksanakan kegiatan magang sebanyak dua kali, yaitu di UKM dan industri pangan.

 

Setelah menjalani studi di Universitas Bakrie, lulusan Prodi ITP berpeluang untuk bekerja di berbagai jenis usaha di bidang pangan, termasuk industri pangan (pengembangan produk, manajer mutu, manajer produksi, pemasaran dan penjualan, serta ahli sensori), usaha kecil menengah (UKM), industri jasa boga (kuliner, katering, restoran, dan perhotelan), konsultan, dan sebagainya. Keunggulan lain dari lulusan Prodi ITP adalah memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri sebagai wirausahawan di bidang pangan.