Jakarta-(01/12) Mendengar kata saham merupakan satu hal yang sudah tidak asing lagi untuk didengar oleh mahasiswa. Namun, masih banyak diantaranya belum memahami bagaimana mempelajari cara menabung saham. Melalui kegiatan “Learn How to Invest in Capital Market”, mahasiswa Universitas Bakrie dibekali tips & trick menabung saham bagi pemula.

Biasanya, saat mendengar kata saham identik dengan dana besar dan kesulitan saat mengoperasikannya. Sehingga paradigma ini membuat sebagian dari kita enggan untuk mencoba, bahkan untuk meliriknya pun tidak berminat.

Kedatangan tim dari Bursa Efek Indonesia (BEI) mengubah sudut pandang mahasiswa dalam memaknai investasi. “Dengan membeli saham perusahaan, maka kita menjadi pemilik saham dari perusahaan tersebut”, ujar ka Fadhil sapa akrabnya.

Tim BEI juga menanamkan kebutuhan berinvestasi di pasar modal kepada mahasiswa Universitas Bakrie sebagai calon investor dengan membeli saham. Pengelolaan saham ini dapat menggunakan manajer atau main sendiri. Manajer investasi untuk membantu pengelolaan saham para investor. Apabila sudah yakin melakukannya sendiri, tidak menggunakan manajer pun tidak masalah.

Adapun bagi investor pemula, perlu dipahami saham merupakan investasi jangka panjang. Ketika dalam perjalanannya, sebaiknya investor pemula harus menahan diri untuk memperjual belikan sahamnya dengan cara menghindari trading pasar terlebih dahulu, sebelum memahami bagaimana seluk beluk dunia saham. Sebab, harga saham bergerak naik turun dengan cepat. Sehingga diperlukan pembacaan situasi dan prediksi yang cermat.

Prinsip jual beli saham itu sangat sederhana. Harga saham turun, beli. Harga saham naik, jual. Namun, karena naik turunnya begitu cepat, investasi saham menjadi riskan. Ketika salah prediksi, uang pun melayang. Sesuai dengan istilah high risk high return, dalam mengoperasikan saham semakin tinggi resikonya semakin besar juga keuntungannya. Untuk lebih memahami cara berinvestasi saham ataupun ingin berkonsultasi, mahasiswa Universitas Bakrie dapat berkunjung ke ruangan Pojok Bursa Efek yang berada di area lobby depan.