(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');
 
 

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (ILKOM UB) kembali menggelar Guest Lecturer (GL) di Univesitas Bakrie pada Selasa, 24 November 2015. Dengan topik “New PR Tools in Digital Area”, GL menghadirkan tiga narasumber yaitu Hannie Kusuma selaku Bussines Management Indonesia Indicator, Ivan Tigana Head Of Marketing and Sales PT TerralogiQ Integrasi Solusi (Qlue) dan Yogi Ikhwan Kepala Seksi Humas Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

GL yang dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa Ilkom UB tersebut membahas aplikasi atau software yang mampu memudahkan pekerjaan praktisi Public Relations (PR).  Sesi pertama GL membahas tentang Intelligence Media Management (IMM). IMM dapat membantu PR dalam memonitor pemberitaan di media massa dan media sosial.  IMM mampu membaca tren isu yang berkembang saat ini. “Pekerjaan PR yang dulu sangat rumit dan cukup memakan waktu seperti membuat kliping dengan mengumpulkan berita dari koran terkait dengan perusahaannya kini sudah mulai ditinggalkan,” tutur Hannie. Di Indonesia Indikator, aplikasi IMM milik perusahaannya mampu memonitor 1129 media di seluruh dunia dan sekitar 300 lebih media nasional. GL sesi berikutnya disampaikan oleh Ivan Tigana yang membahas tentang aplikasi media sosial keluaran dari Qlue sebagai media bagi masyarakat untuk komplain ataupun memberikan apresiasi atas kinerja sebuah institusi. Aplikasi ini memudahkan para followers-nya untuk memonitor sejauh mana komplain yang masuk ditindaklanjuti oleh institusi. “Dengan keterlibatan masyarakat dalam menggunakan aplikasi tersebut, sebuah institusi dapat berbenah diri dan memperbaiki kinerjanya sehingga mendatangkan suatu citra positif bagi institusinya,” kata Ivan. Saat ini insitusi pengguna jasa Qlue adalah Pemerintah DKI Jakarta yang tengah mengedepankan konsep Jakarta Smart City. Salah satu keluhan masyarakat yang paling banyak masuk ke aplikasi Qlue adalah terkait sampah di Jakarta. Menurut Yogi Ikhwan, Kepala Seksi Humas Dinas Kebersihan DKI Jakarta, dengan adanya laporan melalui Qlue pihaknya jadi cepat mendapatkan informasi sehingga dapat cepat bertindak. “Masyarakat cukup memposting foto got yang mampet, saat itu juga petugas Dinas Kebersihan akan datang paling lambat hingga tiga jam dan segera membersihkannya,” lanjut Yogi di akhir paparan.  

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Tentang Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (ILKOM UB) berdiri sejak tahun 2010. Saat ini Ilkom UB terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan seluruh dosen tetapnya telah mengantongi sertifikat dosen nasional. Dengan mengedepankan metode experiential learning dalam proses pembelajarannya, lulusan ILKOM UB telah diterima bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, seperti Nestle Indonesia, Danone Indonesia, CIMB Niaga, Fortune PR, Burson-Marsteller, CNN Indonesia, Kompas.com, Bumi Resources, dan sebagainya. Kegiatan Guest Lecture (GL) merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh ILKOM UB. Sebelumnya ILKOM UB menghadirkan Audrey P. Petriny - Corporate Secretary Air Asia Indonesia, Perhumas Indonesia, dan praktisi komunikasi lainnya.

 

 

Berita Terkini

Kuliah Umum & Kunjungan Perusahaan

Testimoni Program Kelas Karyawan