Rene Johannes adalah Sarjana Ekonomi lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia jurusan Akuntansi, kemudian mendapatkan gelar Magister Manajemen dari MM-UI untuk konsentrasi Manajemen Keuangan dan Perbankan. Selanjutnya mendapatkan gelar Magister Akuntansi dari Maksi-UI untuk konsentrasi Auditing & Pelaporan Keuangan dan konsentrasi Akuntansi Manajemen & Pengendalian.

 

Dalam dunia praktisi, karirnya dimulai sebagai wartawan pada sebuah kelompok penerbit dan dilanjutkan menjadi Manajer Promosi pada sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang fotografi. Tahun 1987 – 1989 bergabung pada sebuah perusahaan ritel dengan memegang posisi sebagai Asisten Manajer Keuangan dan Asisten Manajer Akuntansi. Tiga tahun berikutnya (1989 – 1991) menjadi Manajer Keuangan pada sebuah kelompok usaha besar dengan penugasan khusus pada bidang properti. Selama 9 tahun berikutnya menempati posisi Financial Controller pada sebuah perusahaan properti yang saat itu sedang dalam persiapan go public. Tahun 2000 – 2003 menempati posisi sebagai Finance and Administration Division Head pada salah satu anak perusahaan Astra International, yang membawahi departemen Akuntansi, Keuangan, HR & GA, dan Perpajakan. Pernah juga menempati posisi sebagai GM Internal Audit pada perusahaan garment Korea Selatan, GM Finance and Accounting pada perusahaan pipa plastik yang berlisensi dari Belanda, dan GM Finance and Accounting pada perusahaan dagang dan manufaktur dari AS. Tahun 2002 – 2004 sempat menjadi anggota Komite Audit PT Waskita Karya.
Pelatihan yang pernah diikuti di dalam dan di luar negeri antara lain dalam bidang Jurnalistik, Promosi dan Periklanan, Perpajakan, Pasar Modal, Manajemen Sumber Daya Manusia, Budaya Perusahaan, Strategi dan Operasionalisasi Korporasi; di samping bidang-bidang Akuntansi dan Keuangan lainnya.
Dalam dunia pendidikan, pernah menjadi Pembantu Ketua II bidang Administrasi dan Keuangan di STIE Nusantara/GS Fame (1993 – 1997) dan Kaprodi Akuntansi BSM/UB (2008 – 2010). Menjadi pengajar beberapa mata kuliah Akuntansi dan Keuangan pada berbagai perguruan tinggi swasta, termasuk pengajar pada sebuah konsultan properti.