Data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menyebutkan hanya 1.131 PT yang terakreditasi, dengan rincian 50 PT terakreditasi A, 345 PT terakreditasi B dan 736 PT terakreditasi C dan sisanya sebanyak 7.829 PT belum ter akreditasi. Sementara itu, prodi yang terakreditasi A sebanyak 2.512, atau hanya 12% dari total 20.254 prodi yang telah terakreditasi.

Direktur Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek dan Dikti, Aris Junaidi, mengatakan ada korelasi erat antara akreditasi PT dan prodi dengan kompetensi lulusan. Semakin baik akreditasi PT, maka semakin tinggi persentase kelulusan. “Demikian juga sebaliknya,” ujar Aris.

Berdasarkan SK BAN PT dengan nomor: 2672/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2016 tertanggal 24 Nopember 2016, Universitas Bakrie telah meraih Akreditasi Institusi (AIPT) dengan nilai B. Universitas Bakrie berada di peringkat-15 sebagai PTS terbaik yang telah ter-akreditasi B versi BAN PT dan masuk di peringkat ke-19 versi Webometrics untuk peringkat PTS se-Indonesia.

Walaupun tergolong masih baru, Universitas Bakrie sudah memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri. Terutama dari segi fasilitas dan infrastruktur, Universitas Bakrie tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Selain memiliki infrastruktur dan kualitas yang baik, Universitas Bakrie telah melahirkan lulusan-lulusan yang berprestasi di bidangnya masing-masing.  Hal ini tentu saja tidak terlepas dari metode pembelajaran yang diaplikasikan dalam kurikulum pembelajarannya yaitu “Experiential Learning” dan dosen-dosen yang berpengalaman di bidangnya.

Nilai akreditasi ini terkait juga dengan beberapa perusahaan bonafid di Indonesia telah menetapkan standar akreditasi lulusan PTN/PTS sebagai dasar penerimaan pegawai, bahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi telah mengisyaratkan untuk masing-masing instansi pemerintahan memilki persyaratan khusus, yaitu lulusan PTN/PTS di Indonesia yang program studinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).