JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Jakarta (5/8)-Menurut Webometrics, per Juni 2015, Universitas Bakrie menempati urutan 50 besar Ranking Web of Universities di Indonesia dan urutan 20 besar untuk ranking Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. 

Menurut Webometrics, per Juni 2016, Universitas Bakrie menempati urutan 50 besar Ranking Web of Universities di Indonesia dan urutan 20 besar untuk ranking Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia.

Webometric adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi melalui Websitenya. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia. Peringkat Webometric pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Secara periodik peringkat Webometric akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali. Peringkat ini mengukur lebih dari 16.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia yang terdaftar dalam direktori. Peringkat perguruan tinggi versi Webometric dapat dengan mudah dilihat atau diakses melalui Internet dengan alamat : http://www.webometrics.info/.

Tujuan Ranking Web of Universities ini, setidaknya ada tiga hal. Pertama, untuk mendukung kehadiran halaman web akademis agar dapat menunjang Open Access Initiatives (OAI) atau keterbukaan informasi terhadap knowledge yang bersifat ilmiah yang dihasilkan oleh setiap Perguruan Tinggi di seluruh dunia. Kedua, Webometrics tidak dimaksudkan untuk mengevaluasi halaman situs web, design, kegunaan, konten, maupun popularitasnya, akan tetapi lebih kepada kebijakan terhadap kinerja situs web secara umum dengan mempertimbangkan banyaknya kegiatan, aktivitas, output, relevansi, dan dampaknya. Ketiga, posisi pemeringkatan Webometrics setidaknya memperlihatkan seberapa handal sebuah situs web Perguruan Tinggi atau universitas dijadikan sebagai cerminan Perguruan Tinggi tersebut. Dalam hal ini, tentu saja lebih menukik sebagai sarana komunikasi ilmiah, pembelajaran jarak jauh, forum terbuka yang melibatkan masyarakat, dan lebih universal lagi, untuk menjaring berbagai bakat, pendanaan, juga sumber daya lainnya.

Dari tahun ke tahun peringkat webometrik Universitas Bakrie meningkat tajam, sebagai ilustrasi Universitas Bakrie terindeks di webometrik pada tahun 2012 Universitas Bakrie menempati ranking 184 di Indonesia, menjajaki peringkat 9.677 di dunia, sementara itu di tahun 2013 menempati posisi 129. Hingga pada akhirnya meningkat tajam di bulan Juni tahun 2015 di posisi 48 di Indonesia dan peringkat 4.181 di level internasional.

No  Peringkat Nama Universitas
1 14 Gunadarma University
2 15 Petra Christian University
3 17 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
4 18 Bina Nusantara BINUS University
5 20 Universitas Islam Indonesia
6 23 Telkom University
7 24 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
8 30 Universitas Katolik Parahyangan
9 31 Universitas Dian Nuswantoro
10 32 Universitas Trisakti
11 33 Universitas Muhammadiyah Malang
12 39 Universitas Narotama
13 40 Universitas Kristen Satya Wacana
14 43 Universitas Mercu Buana
15 44 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
16 45 Informatics and Computer College Stmik Amikom
17 46 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
18 47 Universitas Sanata Dharma
19 48 Universitas Bakrie
20 49 Universitas Esa Unggul (Universitas Indonusa)

 

Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometric yang merupakaan pemetaan dari kekuatan perguruan tinggi di bidang Social Networking baik internal sekaligus eksternal. Apapun tujuan webometric sangatlah kita hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasinya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian ilmiah.