Ananda Fortunisa lulus dari pendidikan tingkat sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia pada 2002 Jurusan Manajemen konsentrasi Manajemen Pemasaran. Kemudian melanjutkan pendidikan tingkat pascasarjana dalam bidang yang sama yaitu Manajemen Pemasaran konsentrasi Pemasaran Ritel, lulus tahun 2006 di Universitas Padjadjaran, Bandung.

 

 Ananda mengawali karirnya sejak masa kuliah sebagai pelaksana psikotes pada Biro Konsultasi Psikologi Phenomena, Jakarta selama lebih dari dua tahun. Selain itu, sering pula menjadi motivator bagi remaja di beberapa Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat sarjananya, sempat bekerja di salah satu bank swasta syariah di Jakarta. Selama menempuh pendidikan tingkat pascasarjana, Ananda bekerja sebagai research assistant, dan asisten konsultan baik dalam bidang Pemasaran maupun bidang Human Resource Management di beberapa kota di Jawa Barat dan Sumatera.

Setelah menyelesaikan studi pascasarjananya, Ananda kemudian memilih berkarir di bidang pendidikan dengan bergabung sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi Manajemen di Universitas Batam pada 2006. Selain sebagai dosen tetap, Ananda juga memangku jabatan sebagai Sekretaris Direktur Program Pascasarjana dan Ketua Program Studi Manajemen pada 2007. Pada bulan Januari 2010, Ananda menjadi dosen tetap di Program Studi Manajemen Universitas Bakrie, Jakarta. Pada dasarnya, Ananda memiliki minat pada kajian-kajian di bidang pemasaran ritel, pemasaran jasa, marketing communication, dan human resource management. Hingga saat ini Ananda aktif sebagai Bendahara Asosiasi Human Resource Management Profesional di Jakarta.