Sidebar

Selamat datang di situs Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan Universitas Bakrie (TLK-UB). Prodi ini baru beroperasi pada Tahun Ajaran 2012-2013. Namun demikian, pada usianya yang sangat muda Prodi TLK sudah meraih akreditasi B dari BAN-PT dalam waktu dua tahun sejak berdiri berdasarkan keputusan BAN PT No. 176/SK/BAN-PT/Akred/VI/2014. Selain itu, Prodi TLK memiliki dua dosen tetap berpendidikan S3 dari School of Agricultural Science, Department of Resource and Environmental Economic, International Program of Human Security for Food and Agriculture, Laboratory of International Development Studies, Tohoku University, Japan dan dari bidang Marine Biotechnology dari University of Science and Technology (UST), Korea Selatan yang berkolaberasi dengan Korea Institute of Ocean Science and Technology (KIOST). Empat dosen lainnya adalah bergelar Magister dari Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung, dan dari Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia.

Prodi TLK-UB juga aktif membangun kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun di luar negeri, seperti dengan, Osaka Institute of Technology, Rajamangala University, Tampere Univ of Technology, Finland, Aarhus University, Denmark, National University of Kaohsiung, University Kebangsaan Malaysia, University of Derby-UK, Tohoku University, Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, Universitas Pertahanan dan lain lain. Selain itu, kerjasama juga dibangun dengan institusi pemerintah, lembaga-lembaga penelitian, asosiasi profesi, BAKERMA, PT. Wiratman & Associates, PT Toray Industries Indonesia serta pihak industri, Kelompok Usaha Bakrie ataupun industri lainnya. Kerjasama dengan pihak luar lingkungan akademis dengan mendatangkan narasumber kuliah tamu, sharing session dan Field Visit penting dilaksanakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, untuk menambah wawasan para mahasiswa, serta sebagai potensi tujuan kegiatan Magang, Tugas Akhir, maupun lapangan kerja di masa mendatang.

Kurikulum Prodi TLK dirancang agar para lulusan nantinya mampu berkontribusi secara nyata dalam pemecahan masalah lingkungan melalui experential learning. Diharapkan lulusan TLK-UB mampu:

1. Beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian dampak masalah lingkungan secara berkelanjutan, berbasis masyarakat dan kultural, serta relevan dengan kebutuhan dan tuntutan jaman.

2. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknik Lingkungan untuk mendesain, membangun, mengoperasikan, memelihara, mengevaluasi dan tindakan korektif terhadap fasilitas pengelolaan lingkungan dalam bidang air, darat, laut/ocean, dan udara serta kegiatan perbaikan sanitasi masyarakat.

3. Mengambil keputusan yang tepat dari berbagai alternatif solusi berdasarkan analisis dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar keteknikan.

4. Melakukan penelitian/riset, khususnya dalam bidang Teknik Lingkungan dengan mengacu pada kaidah penelitain yang baik karena dibekali dengan keterlibatan para mahasiswa pada kegiatan dosen dan mandiri.

5. Beradaptasi terhadap pemanasan global, seperti mengenai green building, infrastruktur pasca bencana, tata kota dan penerapan teknologi bersih.

6. Memahami kesehatan lingkungan dan keselamatan kerja.

Terbukti, para alumni TLK-UB kini sudah bekerja di peruahan nasionl dan multi nasional seperti PT Dean Shoes - Nike Subcon sebagai WWTP Engineer, Indonesia Tsingsang Stainless Steel (ITSS) sebagai Quality Control Crew, PT. Lion Metal Works Tbk sebagai Quality Assurance, PT. Kurnia Sylva Consultindo sebagai Geographic Information System (GIS) Staff, PT. Bennatin Surya Cipta ( Projek Pembangunan WTP PDAM Cisolok, Sukabumi. Hongaria - Kementerian PUPR) sebagai konsultan Inspektor, PT. Medifarma Laboratories sebagai HSE Officer, PT. Wahana Sinergi Utama (WSU) sebagai Safety Office , Universitas Bakrie sebagai Staf Lembaga Penelitian dan lain-lain.

Mari bergabung bersama rekan-rekan Anda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, untuk bersama-sama kita menempa diri kita menjadi manusia Indonesia yang berwawasan lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat disekitar kita.

Terima kasih.