Environmental Engineering Environmental Engineering

Introduction

Kurikulum Prodi TLK dirancang agar para lulusan nantinya mampu berkontribusi secara nyata dalam pemecahan masalah-masalah lingkungan di perkotaan dan industri.  Namun demikian, kurikulum juga mencakup hal-hal yang berkaitan dengan teknologi lingkungan berbasis masyarakat yang sering dipakai dalam program tanggung jawab sosial suatu perusahaan maupun dalam kegiatan perbaikan sanitasi masyarakat pedesaan.

Ketua Program Studi Teknik Lingkungan

Sirin Fairus, STP, MT.

Sirin Fairus meraih gelar Master Teknik dari Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Bandung tahun 1999. Sebelumnya Sirin telah meraih gelar Sarjana Teknologi Pertanian dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1993. Kecintaannya pada dunia pendidikan dan riset membuat Sirin memulai karir mengajar di Universitas Mercubuana Jakarta sampai tahun 2001. Pada tahun 2002 sampai tahun 2013, Sirin berkarir sebagai dosen tetap di Jurusan Teknik Kimia di Institut Teknologi Nasional Bandung. Sirin juga pernah melakukan penelitian di Chemical Engineering Department di The University of Manchester Inggris di tahun 2004 dan menjadi visiting academic staff di tahun 2006 di negara yang sama.

Dosen Program Studi Teknik Lingkungan

  • Deffi Ayu Puspito Sari, PhD.
    Deffi Ayu Puspito Sari, PhD.

    Deffi Ayu Puspito Sari lulus dari Graduate School of Agricultural Science, Department of Resource and Environmental Economic, International Program of Human Security for Food and Agriculture, Laboratory of International Development Studies, Tohoku University, Japan dan menerima gelar Master dan Ph.D dalam bidang Biological Resource Science dan Agricultural Science. Gelar Ph.D diperoleh pada bulan Maret 2012 setelah menyelesaikan studi masternya pada laboratorium yang sama di tahun 2009. Di tahun 2004, Deffi mendapatkan gelar STP dari Insitut Pertanian Bogor.

  • Aqil Azizi, Phd
    Aqil Azizi, Phd

    Aqil Azizi memperoleh PhD pada bidang Marine Biotechnology dari University of Science and Technology (UST), Korea Selatan yang berkolaberasi dengan Korea Institute of Ocean Science and Technology (KIOST). Selama studi, Aqil berkesempatan mengikuti Training course on Gas Hydrate Exploration and Development yang diselenggarakan oleh Korea of Geoscience and Mineral Resouces (KIGAM) dan berpartisipasi dalam dua kali expedisi research cruise ke Ulleung Basin Gas Hydrate Drilling Expedition, East Sea.

  • Sandra Madonna, SSi, MT.
    Sandra Madonna, SSi, MT.

    Sandra Madonna memperoleh gelar Magister Teknik pada tahun 2003 di Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Bandung dengan judul thesis “Pengaruh Bulking Agent Pada Proses Bioremediasi Tanah Tercemar Hidrokarbon Minyak Bumi Menggunakan Teknik Biopile.” Selama menyelesaikan studi magisternya Sandra mendapatkan Beasiswa Penelitian dari perusahan TOTALFINAELF E&P INDONESIE dan berkesempatan untuk mengikuti Practical Work Training TOTALFINAELF E&P INDONESIE di Balikpapan, Kalimantan Timur.

  • Prismita Nursetyowati, ST, MT.
    Prismita Nursetyowati, ST, MT.

    Prismita Nursetyowati meraih master melalui program Fast Track dengan beasiswa unggulan dari DIKTI. Pada program Fast Track ini, studi sarjana dan master ditempuh hanya dalam 5 tahun. Prismita mengambil bidang khusus yang linier dengan topik penelitiannya sebelumnya, yaitu bidang Pencegahan dan Pengendalian Pencemaran, Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Bandung. Sedangkan gelar Sarjana Teknik Lingkungan dari Institut Teknologi Bandung diperolehnya pada bulan Juli 2011. Penelitian yang diajukan untuk meraih gelar Sarjana adalah penelitian dalam bidang air limbah, yaitu Pengolahan Limbah Domestik dengan Sequencing Batch Reactor dengan Modifikasi Tangki Stabilisasi sebagai Fase Idle.

  • Diki Surya Irawan, ST., MSi,
    Diki Surya Irawan, ST., MSi,

    Diki Surya Irawan meraih gelar Magister dari Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, dan memulai karir pada tahun 2004 di beberapa konsultan multinasional yang bergerak di bidang infrastruktur lingkungan dalam kekhususan water supply, waste water dan solid waste.