JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Sandra Madonna meraih gelar Sarjana Sains dari Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas Padang. Dengan Judul Skripsi “Pengaruh Pati Sagu Metroxylon sp. terhadap Produksi Enzim Amylolitik oleh Bacillus megaterium.” Selama menyelesaikan studinya Sandra mendapatkan Beasiswa Pendidikan dari Yayasan “SUPERSEMAR”. Sandra lulus dengan peringkat terbaik di angkatannya pada Februari 1998.

 

Sandra mulai merintis karirnya dibidang akademisi sejak tahun 1996 sebagai asisten dosen di almamaternya, dengan mata kuliah yang diampu yaitu Mikrobiologi, Biokimia dan Fisiologi Hewan. Setelah menamati pendidikannya kemudian Sandra berkerja pada Kelompok Bioteknologi, Kelompok Program Riset dan Teknologi Proses PPPTMGB “LEMIGAS” Jakarta sebagai Asisten Peneliti dengan kegiatan penelitian-penelitian Bioproses di Industri Migas seperti Proses Biodegradasi, Bioremediasi, Biogas, Microbial Enhance Oil Recovery (MEOR) dan beberapa penelitian Bioteknologi. Sementara itu Sandra pun mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studinya di Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Bandung dan memperoleh gelar Magister Teknik pada tahun 2003 dengan judul thesis “Pengaruh Bulking Agent Pada Proses Bioremediasi Tanah Tercemar Hidrokarbon Minyak Bumi Menggunakan Teknik Biopile.” Selama menyelesaikan studi magisternya Sandra mendapatkan Beasiswa Penelitian dari perusahan TOTALFINAELF E&P INDONESIE dan berkesempatan untuk mengikuti Practical Work Training TOTALFINAELF E&P INDONESIE di Balikpapan, Kalimantan Timur.


Pada tahun 2004 Sandra bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat “Rainasandra”, Yayasan Wanita Berwawasan Lingkungan sebagai Technical Assistant, dengan kegiatan diantaranya kerjasama dengan Pemda DKI Jakarta dalam Pelatihan dan Sosialisasi Pengelolaan Limbah Domestik di Kelurahan Rawajati Kalibata, Jakarta Selatan. Pengembangan Teknologi Pengolahan Sampah dan Produk Daur Ulang, kerjasama dengan Pemda DKI dan Kementerian Lingkungan Hidup melakukan studi revitalisasi Dipo sampah di kelurahan Tebet Barat Jakarta Selatan yang didukung oleh Bank Dunia dalam Waste Java Environmental Management Project (WJMP).


Juli 2006 menjadi tenaga pengajar Universitas Islam Negeri (UIN) “Syarif Hidayatullah” Jakarta, dan tahun 2010 menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Borobudur Jakarta. Dengan pengalaman mengajar pada mata kuliah Pengelolaan Limbah, Toksikologi Lingkungan, Mikrobiologi, Statistika dan Metodologi Penelitian dan melakukan berbagai penelitian di antaranya yaitu Kualitas Air Limbah Domestik Pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Setia Budi Jakarta dan Penelitian Bioproses penyisihan Amoniak Pada Instalasi Pengolahan Air Minum Cilandak, Sandra pun bergabung dengan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie, Jakarta Pada Januari 2013.


Penelitian dan Pengabdian masyarakat yang telah dilakukan selama bergabung dengan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie diantaranya: penelitian “Penghematan Penggunaan Air Untuk Wudhu Di Lingkungan Kampus Universitas Bakrie Jakarta”, penelitian “Pengelolaan Air Bekas Wudhu Di Lingkungan Kampus Universitas Bakrie Jakarta”, penelitian “Penjernihan Air Sungai Epicentrum dengan Metoda Reverse Osmosis”, dan penelitian “Penerimaan Masyarakat Terhadap Penggunaan Air Daur Ulang Wudhu”. Hasil dari Penelitian-penelitian penghematan air ini yang salah satunya mengharumkan nama Universitas Bakrie dengan berhasilnya Universitas Bakrie meraih penghargaan sebagai pemenang di ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013 di bidang Inovasi Khusus dalam Gedung, pada tahun 2013. Sementara itu kegiatan Pengabdian masayarakat yang dilakukan diantaranya: “Sosialisasi dan Implementasi Penghematan Air di Pesantren Darut Tauhid Jakarta”, “Penyuluhan Kepedulian Lingkungan Pada Kegiatan Satu Hari Mengabdi bersama Kesma” di Kelurahan Menteng Atas Jakarta, “Sosialisasi dan Pemasangan kran Pembatas aliran air wudhu di masjid Daarut Tauhiid Jakarta”, Sosialisasi Penggunaan Daur Ulang Air Wudhu dan Pemasangan Alat Penghemat Air Wudhudi pesantren Daarut Tauhiid Jakarta dan Azkia Islamic School, dan kegiatan Pelatihan Pengolahan Produk Lidah Buaya (Aleovera sp.) dan nilai gizinya di kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan.



Publikasi

Jurnal:

- Madonna S., Effendi, A.J., Mulyono. (2007). Bioremediasi Tanah Terkontaminasi Hidrokarbon Minyak Bumi Totalfinaelf dengan Menggunakan Teknik Biopile pada Skala Laboratorium. Jurnal Biologi dan Lingkungan Al Kauniyah, 1(02), 78-88.
- Madonna, S. (2014). Efisiensi Energi Melalui Penghematan Penggunaan Air. Jurnal Teknik Sipil Univ. Atma Jaya Yogyakarta, 12(04) 267-274
- Madonna, S. (2014). Produksi Enzim Amilolitik dari Bacillus megaterium Menggunakan Variasi Kadar Pati Sagu (Metroxylon sp.) Jurnal Biologi dan Lingkungan Al Kauniyah, 7(01), 22-27