fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Akibat pandemi COVID-19, untuk pertama kalinya Universitas Bakrie mengadakan Pekan U-Bakrie secara virtual yang diselenggarakan pada tanggal 14 September 2020 kemarin. U-Bakrie's Week 2020 adalah kegiatan pengenalan kampus Universitas Bakrie bagi mahasiswa-mahasiswi baru tahun ajaran 2020/2021. Tahun ini, Pekan U-Bakrie 2020 dilaksanakan selama lima hari yakni 14-18 September 2020 secara virtual melalui aplikasi ZOOM dan Live Streaming YouTube Universitas Bakrie.

 

Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan, Panitia U-Bakrie's Week 2020 menampilkan video Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menyampaikan pesan untuk mahasiswa bahwa ditengah pandemi seperti ini, mahasiswa tidak boleh patah semangat dan harus meningkatkan inovasi dan kreatifitas.

Selanjutnya, Prof. Ir. Sofia Alisjahbana M.Si., Ph.D., Rektor Universitas Bakrie dalam pidatonya menyambut dengan rasa bangga kepada mahasiswa baru 2020. Meskipun saat ini Indonesia sedang dihadapkan oleh pandemi, berkat kerja sama dari berbagai pihak, Universitas Bakrie berhasil meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru .

“Selamat datang dan selamat bergabung dengan 835 mahasiswa baru Universitas Bakrie. Alhamdulillah berkat tindakan antisipasi yang baik dan kerja sama dari berbagai pihak, Universitas Bakrie dapat meminimalisir dampak negatif pandemi, tahun ini jumlah mahasiswa baru meningkat dari tahun sebelumnya, hal ini mencerminkan kepercayaan terhadap masyarakat Universitas Bakrie, meski pada situasi pandemi, ”katanya.

Pada kegiatan U-Bakrie's Week 2020 dihari pertama itu juga turut hadir Ike Nirwan Bakrie selaku Ketua Yayasan Pendidikan Bakrie, serta Anindya Novyan Bakrie selaku CEO & President Director PT. Bakrie & Brother Tbk. Keduanya menyampaikan rasa bangga dan menyambut kehadiran mahasiswa-mahasiswi baru.

Kemudian, penyematan almamater juga dillakukan oleh Prof. Ir. Sofia Alisjahbana M.Si., Ph.D. secara virtual kepada Naomi Erika sebagai Perwakilan Mahasiswa Baru 2020.

Acara yang dipandu oleh Aji Pitoko dan Fakhri Aditya ini juga dimeriahkan oleh penampilan band “IMBLOOM”.

Pelaksanaan U-Bakrie’s Week 2020 hari pertama diakhiri dengan penampilan flashmob dan pemberian hadiah kepada peserta yang paling semangat mengikuti gerakan  yang telah diberikan oleh panitia. U-Bakrie’s week 2020 juga memberikan hadiah kepada peserta yang berhasil membuat pantun menarik di kolom komentar YouTube Universitas Bakrie.

Di Hari ke-2 U-Bakrie’s Week 2020 secara virtual dengan tema ‘All About My Biro’. U-Bakrie's Week 2020 ialah kegiatan pengenalan kampus Universitas Bakrie bagi mahasiswa-mahasiswi baru tahun ajaran 2020/2021. Acara U-Bakrie’s Week 2020 hari ke-2 yang dipandu oleh Sekar Anugerah dan Aji Pitoko hari ini membahas mengenai beberapa Biro yang ada di Universitas Bakrie, yakni:

  1. Biro Administrasi Akademik
  2. Biro Kemahasiswaan
  3. Biro Keuangan
  4. Biro Perpustakaan
  5. Biro General Affair
  6. Biro Komunikasi Strategis

M. Th. Anitawati, M.SI., Kepala Biro Adminitrasi Akademik (BAA) menjelaskan tugas dan wewenangnya sebagai Biro yang paling sering berhubungan langsung dengan mahasiswa.

“BAA bertugas dalam menyelenggarakan semua proses belajar mengajar, mengumpulkan data terkait, dan membuat surat keterangan, hasil studi, ijazah, dan lain-lain yang diperlukan terkait adminitrasi akademik mahasiswa,” ujarnya dalam acara U-Bakrie’s Week 2020 hari ke-2 yang diselenggarakan secara virtual.

Kedua, Biro Kemahasiswaan, Sirajul Afkar, S.E., M.M., sebagai Kepala Bagian Pusat Karir dan Hubungan Alumni menjelaskan fungsi Biro terkait. Biro Kemahasiswaan memiliki fungsi dalam pelayanan administrasi organisasi mahasiswa, peminjaman loker, beasiswa, administrasi kompetisi, asuransi, kemahasiswaan, magang dan karir, dan pelayanan kegiatan mahasiswa lainnya.

Selanjutnya, Biro Keuangan yang dikepalai oleh Westianny Irianingsih, A.Md., ia menjelaskan mengenai administrasi keuangan mahasiswa, panduan membuat tagihan mahasiswa melalui Bakrie Information Gateway (BIG 2.0, serta panduan pembayaran dengan ATM BNI 46 dan dengan ATM bank lain.

Kemudian, Ahmad Yani, S.s., M.Hum., Kepala Biro Perpustakaan Universitas Bakrie menjelaskan prosedur peminjaman buku secara online melalui http://library.bakrie.ac.id, mahasiswa juga dapat mengakses e-book ataupun jurnal untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam proses perkuliahan.

Selanjutnya, Budi Santoso, S.E., Kepala Biro General Affair menjelaskan tugasnya dalam mendukung kegiatan operasional Universitas Bakrie dalam proses pengadaan beserta penggunaan sarana dan prasarana kampus, baik bersifat benda (seperti gedung, ruang kelas) maupun yang tidak bersifat benda (seperti keamanan, kebersihan)

Yang terakhir, Dr. Prima Mulyasari Agustini, S.sos., M.Si., Kepala Biro Komunikasi Strategis menjelaskan tugasnya dalam website dan media sosial Universitas Bakrie, mengkoordinasikan event dan protokoler, serta melakukan aktivitas media yang terkait.

 

 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id