fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Jakarta (30/4)-Program Studi Teknik Sipil mengadakan acara Guest Lecture dengan judul SPRING (Spirit of Civil Engineering) 2015: “Dream of The Future Transportations in Indonesia” dan Photography Competition

yang melibatkan anak SMA se-Jabodetabek dengan tema “Show Your Happiness with Public Transportation”. Acara guest lecture tersebut diadakan pada Kamis, 30 April 2015 di R. 1 dan 2 Universitas Bakrie. Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Sipil Dr. Ade Asmi, S.T., M.Sc. yang juga menjadi moderator pada acara Guest Lecture yang mengundang Direktur Utama PT KAI Commuterline Muhammad Nurul Fadhila dan Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto sebagai pembicaranya.

Hal yang patut di apresiasi adalah wajah Commuterline di Indonesia sudah banyak berubah sejak tahun 2014 dengan target mencapai inovasi menuju 1,2 juta penumpang /hari, Commuterline terus menerus berbenah dan memperbaiki diri, ujar Dirut PT KAI Commuterline M.N. Fadhila yang merupakan sosok yang sangat humoris. Menurutnya, hal ini dibuktikan dengan jumlah penumpang yang meningkat 139% sejak 2011 dan akan mendatangkan 120 kereta dari Jepang di bulan Juni 2015, karena menurut data statistic dari BPS pada saat ini KRL hanya menjangkau sebesar 3,38% dari total mobilitas penduduk Jabodetabek. Sementara Dirut PT Railink Heru Kuswanto dalam presentasinya mengatakan Railink atau pengembangan KA Bandara sebagai solusi transportasi masa depan, bayangkan saja jumlah kendaraan pribadi naik sebesar 15% setiap tahunnya, di tahun-tahun yang akan datang infrastruktur tidak bisa lagi mengakomodir pengguna jalan, oleh karena itu KA Bandara hadir sebagai salah satu solusi bagi pengguna alat transportasi umum yang berorientasi pada waktu dan kenyamanan, karena seperti diketahui perpindahan penumpang kendaraan umum berbasis rel tren-nya semakin positif.

Menurut Pak Heru dari segi daya saing kualitas infrastruktur kereta api di Indonesia masih menempati urutan 41 dari 144 negara di dunia, hal ini diharapkan dapat memicu semangat mahasiswa Universitas Bakrie terutama prodi teknik sipil untuk kelak lulusannya dapat membangun infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat banyak dan dapat disejajarkan dengan bangsa-bangsa lain.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id