fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Pada tanggal 04 – 15 November 2013, salah satu dosen ITP, Dr. Wahyudi David terpilih mengikuti DAAD Alumni Special Project,bersama 24 orang peserta dari 16 negara yang telah diseleksi dari sekitar 100 orang pelamar. Komposisi peserta terdiri dari Profesor, Dosen, birokrat, Profesional dan Aktivis. Kegiatan tersebut diselenggarakan di University of Hohenheim, Jerman dilanjutkan dengan mengikuti Expo Agritechnica pada 12-15 November 2013 di Hannover. Seluruh kebutuhan peserta mulai dari keberangkatan hingga acara selesai dibiayai oleh German Academic Exchange Service (DAAD).

 

DAAD Special Project Alumni bertujuan untuk pertukaran pengetahuan bagi Alumni Jerman dan mempertahankan jaringan yang telah terbentuk. DAAD Special Project ini meliputi topik; sumber daya air, ketahanan pangan, kesehatan, Renewable energy, pendidikan dan keanekaragaman hayati. Pada DAAD Alumni Special Project kali ini bertemakan “Sustainable Provision of Rural Renewable Energy with Focus on Financially Viable Solutions in Developing Countries”. Pada kegiatan tersebut, Dr. Wahyudi mempresentasikan makalah mengenai “Design and development of pyrolysis system for the processing of liquid smoke in rural small medium enterprise (SME)” link: http://lnk.nu/energypedia.info/2u81 

Kegaitan selama di University of Hohenheim meliputi workshop dan seminar mengenai; sensor based robotic in agricultural engineeringBiogas technology,Solar thermal energy and solar simulatorSolar Tunnel Dryer, parabolic solar greenhouse, Polycarbonate materials for solar drying, Solar Bubble dryer and solar dryer prototype.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Institute Solar energy System (ISE) di Freiburg yang juga meliputi Solar cooling systemSelain itu peserta berkesempatan mengunjungi petani yang menggunakan energi angin dan matahari sebagai sumber energi yang utama untuk kebutuhan rumah tangga. Kegiatan ini juga menghadirkan Nancy Wimmer (Microsolar) link: www.microsolar.com/publications.html   yang membantu peserta untuk membuat model terbaik untuk energi terbaharukan yang sesuai dengan kondisi daerah pedesaan.

Pada tanggal 11-15 November 2013, kegiatan dilanjutkan mengunjungi Agritechnika, suatu eksibisi  dalam mesin-mesin pertanian terbesar di dunia yang dilaksanakan di Hannover. Disini peserta mendapatkan kesempatan bertemu dengan stakeholder seluruh dunia dan bertukar informasi mengenai produk dan model mesin terbaru. Dalam kesempatan ini peserta juga mendapat kesempatan mempresentasikan hasil dari model yang dibuat selama workshop.  Seluruh hasil workshop dan presentasi yang dilakukan oleh peserta dapat dilihat di www.energypedia.info

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id