fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Untuk ketiga kalinya, Universitas Bakrie menjadi tuan rumah Jakarta Model United Nations (JMUN).

Jakarta Model United Nations (JMUN) adalah Model United Nations (MUN) internasional yang diselenggarakan di Jakarta, oleh ISAFIS (Indonesian Students Association for International Studies). JMUN menawarkan kesempatan untuk mengalami tantangan negosiasi internasional dan diplomasi. Di JMUN, peserta akan bertindak sebagai diplomat dari negara tertentu kemudian membahas isu-isu internasional seperti proses yang terjadi pada konferensi PBB.

JMUN 2017 diselenggarakan pada 26-30 Juli 2017 dengan tema “Towards Sustainable Future: Eradicating Inequality and Securing Global Threats.” Jumlah peserta untuk JMUN tahun ini adalah sekitar 360 peserta yang tidak hanya berasal dari Jakarta maupun daerah-daerah Indonesia lainnya, tetapi juga ada peserta yang berasal dari Afghanistan, Filipina, dan Prancis. Setelah tahun 2011 dan 2016 lalu, Universitas Bakrie dipercaya kembali menjadi tuan rumah JMUN 2017 karena lokasinya yang strategis sehingga memudahkan akses para peserta.

“Universitas Bakrie dipilih karena strategis lokasinya dan memudahkan mobilisasi juga karena kita ada acara di tempat lain juga. Misalnya, untuk Gala Dinner nanti akan dieselenggarakan di The Grove Suites, Kuningan, kan lokasinya sudah dekat dan di sini juga lebih nyaman tempatnya.” ujar Pranichia, Panitia JMUN 2017 divisi Business and Partnership.

Diselenggarakannya JMUN 2017 di Universitas Bakrie disambut baik oleh Fadil, Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bakrie yang merupakan peserta JMUN 2017. Menurut Fadil terlibat dalam JMUN memiliki korelasi yang cukup besar dengan kegiatan akademiknya karena sebagai mahasiswa Hubungan Internasional, ia sudah terbiasa dihadapkan dengan isu-isu global yang juga dibahas dalam JMUN. Selain itu, ia juga mengaku menjadi terbiasa dalam membuat paper dan melakukan research selama mengikuti JMUN ini yang juga mendukung kegiatan akademiknya.

“Mengikuti JMUN ini bermanfaat banget sih. Misalnya dalam segi mengerjakan paper untuk tugas kuliah, keduanya punya korelasi antara apa yang dipelajari diperkuliahan dengan yang saya pelajari di MUN. Selain itu, gimana saya me-research suatu topik dan berpikir kritis terhadap topik tersebut yang memacu saya untuk berpikir lebih lagi dan terstruktur dalam berbicara di depan umum.” ujar pemenang Best Position Paper pada Java MUN 2017 ini.

Fadil pun menuturkan bahwa ada rasa kebanggaan tersendiri karena JMUN 2017 dilaksanakan di Universitas Bakrie. Hal ini pun membuat ia lebih percaya diri meskipun ada tekanan yang ia rasakan karena tuntutan untuk menang menjadi lebih besar.

Universitas Bakrie memiliki klub MUN yang dinamakan Bakrie MUN yang beranggotakan sepuluh mahasiswa Hubungan Internasional dan dua mahasiswa Ilmu Komunikasi. Bakrie MUN mengirimkan tiga orang mahasiswa untuk mengikuti JMUN 2017 dan berhasil meraih gelar Verbal Commendation yang diraih oleh Christine, Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bakrie.

 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id