fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah III kembali menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah III yang diselenggarakan pada 7 hingga 9 Agustus 2017, di Hotel & Resort Grand Pesona, Kampung Cimande Hilir, Kelurahan Lemah Dhuhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini merupakan ajang pelatihan bagi mahasiswa yang memiliki minat atau kemampuan dalam menulis berita dan bidang fotografi jurnalistik. Acara ini diikuti oleh 100 mahasiswa dari 50 Perguruan Tinggi Swasta yang di wilayah Jabodebek dan Banten.

Dari total sekitar 65 Perguruan Tinggi Swasta yang mendaftar, Universitas Bakrie menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berhasil lolos dalam seleksi awal, dan terpilih untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Kopertis Wilayah III. Universitas Bakrie mengirimkan dua orang mahasiswa, yaitu Rose Malia Riskani dari Prodi Ilmu Komunikasi dan Siti Maysarah dari Prodi Akuntansi.

"Teman-teman mahasiswa yang hadir hari ini merupakan mahasiswa-mahasiswi terpilih karena tidak semua Perguruan Tinggi yang mendaftar dapat lolos dalam pelatihan ini. Baik itu karena kriteria mahasiswa yang tidak sesuai, permasalahan administrasi, ketepatan waktu pendaftaran, dan sebagainya." ujar Imam Yuwono, KASIE Akademik Kemahasiswaan Kopertis Wilayah III.

Rose dan Sarah, mahasiswa Universitas Bakrie yang menikuti Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Kopertis Wilayah III, bersama dengan tim penilai dari Kopertis Wilayah III

Pendalaman materi bidang teknik fotografi jurnalistik diberikan oleh Aceng Abdullah, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kepala Program Studi Televisi dan Film Universitas Padjadjaran, serta pada bidang teknik menulis berita feature diberikan oleh H. Suherlan yang juga merupakan pengurus PWI. Selain itu kegiatan lain dari pelatihan ini adalah penugasan liputan karya feature dan fotografi bagi mahasiswa, outbound, dan juga tracking melewati sawah dan sungai yang berada di Kelurahan Lemah Dhuhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Dalam penugasan liputan untuk karya feature dan fotografi, mahasiswa diminta untuk melakukan liputan dengan tema “Potensi Kelurahan Lemah Dhuhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.” Rose dan Sarah mengangkat topik mengenai pendidikan di Lemah Dhuhur yang masih belum diperkenankan menggunakan Kurikulum 2013 oleh pemerintah karena berada di wilayah kabupaten, namun mampu mensiasatinya dengan menggunakan KTSP Berkarakter sehingga dapat mengimbangi sekolah yang berada di wilayah Kota. Secara keseluruhan, kegiatan ini pun memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini, termasuk bagi salah satu peserta dari Universitas Bakrie, yaitu Rose.

"Saya merasa bersyukur dapat terpilih untuk mengikuti kegiatan ini. Dari kegiatan ini selain dapat ilmu saya juga mendapat banyak teman baru dari kampus-kampus lain, seperti dari Universitas Mercu Buana, Universitas Podomoro, Universitas Gunadarma, dan perguruan tinggi lainnya. Selain itu, pengalaman untuk lebih dekat dengan alam juga menjadi sesuatu yang paling berkesan." ujar mahasiswi Corporate Communications angkatan 2015 ini.

 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id