LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Program Studi Manajemen Universitas Bakrie mengadakan Kuliah Umum yang bertema Mengenal Investasi di Pasar Modal Indonesia pada Kamis (20/9/18) di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie. Kuliah Umum ini bekerja sama dengan Galeri Investasi Universitas Bakrie, Bursa Efek Indonesia, dan PT OSO Sekuritas. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian untuk mengedukasi mengenai investasi pasar modal di Indonesia.

Kuliah Umum ini dihadiri oleh Mia Muktia, Senior Officer Bursa Efek Indonesia sebagai pembicara mengenai edukasi investasi yang ada di Indonesia. Peserta diberikan informasi mengenai potensi yang dimiliki Indonesia. Menurutnya, Indonesia termasuk negara berkembang yang akan bertahap menjadi suatu negara maju namun sayangnya kebanyakan orang Indonesia konsumtif sehingga masyarakat Indonesia hanya bisa menggunakan saja namun minim produksi. Hal itu yang membuat Indonesia masuk kedalam lima besar negara tujuan investasi di dunia karena masyarakat nya yang konsumtif.

Peserta diberikan informasi mengenai pengertian investasi dan macam-macam investasi yang bisa dipilih oleh peserta serta diberikan informasi mengenai kelebihan dan kelemahan setiap investasi yang dipilihnya. Investasi saat ini sangat mudah untuk dilakukan. Salah satu investasi yang dijelaskan adalah mengenai investasi saham. Investasi saham sama dengan membeli aset dalam bentuk saham atau dengan kata lain membeli kepemilikan perusahaan.

Selain Mia Muktia, hadir pula Ignasius Sugianto, Education and Analysis PT OSO Sekuritas yang membahas mengenai kondisi ekonomi secara global dan isu-isu global yang sedang terjadi di dunia salah satunya adalah mengenai Trade War yang dilakukan oleh Amerika dan China. Ignasius Sugianto juga menjelaskan mengenai pemilihan saham yang tepat untuk pemula yang ingin investasi saham baik dari sisi sektoral maupun fundamental sehingga peserta dapat memilih saham untuk investasi nya.

Dengan adanya kegiatan ini, peserta dapat memahami investasi dan pasar modal yang ada di Indonesia sehingga dapat menentukan investasi apa yang akan dipilih. Hal ini merupakah salah satu program pembelajaran yang dilaksanakan untuk menerapkan metode pembelajaran yang ada di Universitas Bakrie, Experiential Learning, dimana mahasiswa bisa merasakan pengalaman terjun langsung pada dunia kerja sesuai dengan tagline Universitas Bakrie yaitu Experience The Real Things.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id