LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Breaking Industrial Limit (BIL) merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie sebagai program kerja Departemen Akademik dan Penalaran. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, dapat memberikan pengetahuan baru serta meningkatkan kepedulian mahasiswa Universitas Bakrie terhadap isu-isu yang berkaitan dengan Teknik Industri dalam hal ini mengenai sistem produksi dan logistik. Seminar ini diperuntukkan untuk mahasiswa/i Universitas Bakrie, khususnya mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Bakrie.

Kegiatan Breaking Industrial Limit (BIL) 2017 adalah Seminar yang bertemakan "How do Logistic Works on Business" yang membicarakan tentang bagaimana sebenarnya logistik dalam dunia bisnis, apa saja peran dari logistik dalam bisnis, bagaimana proses logistik tersebut dapat bekerja dengan optimal dalam bisnis, serta bagaimana membentuk proses logistik yang efektif dan efisien dalam dunia bisnis. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2017 di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie yang dihadiri sebanyak 96 peserta yang berasal dari Program Studi Teknik Industri maupun Prodi lain.

Pada pelaksaan seminar ini dipandu oleh moderator yang dimana moderator tersebut merupakan dosen Teknik Industri Universitas Bakrie yaitu Ibu Mirsa Diah Novianti. Terdapat 2 pembicara dalam seminar ini dimana 2 pembicara tersebut merupakan pembicara eksternal yang ahli dalam bidang logistik. Adapun pembicara dalam kegiatan ini adalah Bapak Yukki Nugrahawan Hanafi selaku Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia dan Bapak Stanly Lee selaku Owner dan CEO PT Seacon Logistik Indonesia.

Pembicara pertama pada seminar ini adalah Bapak Stanly Lee, beliau memulai sharing knowledge dengan memutarkan sebuah video mengenai perusahaan yang sedang dijalaninya. Dalam video tersebut berisi pengenalan awal perusahaan tersebut, sistem kerja perusahaan tersebut, alur pengiriman suatu barang dan lain sebagainya. Setelah pemutaran video, Bapak Stanly Lee menceritakan langkah demi langkah nya menuju keberhasilan. Berawal dari menjual berbagai barang di kampus seperti sepatu olahraga, tas dan lain sebagainya sehingga beliau menguasai bagaimana cara packaging dengan baik dan apa itu logistik. Mulai dari hal tersebut, Bapak Stanly Lee kemudian menyarankan semua rekannya yang membuka sebuah usaha hanya sebatas di dalam negeri untuk memberanikan untuk go International.

Bapak Stanly Lee merupakan anggota dari Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia, karena ALFI ini merupakan gagasan terdepan dalam menjalankan aturan bea dan cukai, dimana disaat terdapat peraturan baru mengenai bea dan cukai yaitu ALFI, sehingga jika kita ingin berkembang, maka harus mengetahui terlebih dahulu semua informasi-informasi yang terdapat pada ruang lingkup logistik.

Setelah Bapak Stanly Lee melakukan sharing knowledge mengenai logistik dalam seminar ini, kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu Bapak Yukki Nugrahawan Hanafi. Beliau menjelaskan mengenai Logistik yang merupakan suatu kegiatan pengorganisasian yang efektif terhadap arus bahan baku, persediaan barang produksi, barang jadi, dan informasi terkait dari titik asal ke titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, Bapak Yukki Nugrahawan Hanafi juga menjelaskan apa hubungan logistik di dalam bisnis dan apa saja peran logistik. Bapak Yukki Nugrahawan Hanafi juga membahas mengenai Supply Chain Management yang merupakan sistem interdependen yang kompleks dan melibatkan transportasi, logistik, perusahaan, bisinis proses,Teknologi Informasi, Strategi Asset Investment, dan lain sebagainya.

Setelah pemberian materi oleh kedua pembicara, acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat dan souvenir kepada kedua pembicara tersebut.

Berita Lainya

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id