fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Pada 16 dan 17 Desember 2015, tim dosen Teknik Lingkungan (TLK) yang terdiri dari Ibu Sirin Fairus dan Ibu Sandra Madonna mengikuti Pelatihan Penyusunan Kurikulum Berbasis  Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) . Pelatihan yang bertempat di Kantor Kopertis Wilayah III, Cawang, Jakarta Timur ini diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah III untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang penyusunan kurikulum berbasis  KKNI  di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan.

KKNI terdiri dari 9 (sembilan) jenjang kualifikasi, dimulai dari Kualifikasi 1 sebagai kualifikasi terendah dan Kualifikasi 9 sebagai kualifikasi tertinggi.  Jenjang kualifikasi adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja. Implikasi KKNI pada Pendidikan Tinggi adalah sebagai berikut. a.      Penataan jenis dan strata pendidikan; penyetaraan mutu lulusan b.      Pengembangan kurikulum c.      Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu (SPM) d.      Memfasilitasi pendidikan sepanjang hayat

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id