fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia 2015, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie berkesempatan untuk berpartisipasi dalam Workshop “Water and Sustainable Development” yang diselenggarakan oleh Kantor UNESCO Jakarta. Workshop ini bekerja sama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (DIKTI), Indonesia Water Institute (IWI) dan Universitas Indonesia (UI).

Workshop dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Maret 2015 di Gedung DIKTI, Senayan, Jakarta Selatan, mengundang 60 peserta dari kementerian, institusi nasional, water centre UNESCO dan mahasiswa universitas. Pada kesempatan ini, Kantor UNESCO Jakarta merilis dan menyerahkan United Nations World Water Development Report 2015 (UN-WWDR 2015) yang berjudul “Water for a Sustainable World” kepada Pemerintah Indonesia. Laporan ini disampaikan oleh to Prof Arief Rachman, Executive Chairman Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kementerian Pendidikan. Setelah itu, Ms. Irina Bokova, Direktur Utama UNESCO menyampaikan pesan kepada seluruh peserta workshop melalui video mengenai Hari Air Sedunia. Sesuai dengan tema workshop, beberapa presentasi disampaikan oleh perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum, BAPPENAS, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia Water Institute (IWI), dan Asia Pacific Centre for Ecohydrology (APCE). Prensentasi-presentasi tersebut mendiskusikan mengenai Rencana Strategis Manajemen Sumber Daya Air, Pengembangan Air Berkelanjutan, Air Sebagai Kunci Pengembangan Berkelanjutan, Peningkatan Sistem Alami dengan Pendekatan Ekohidrologi serta Manajemen Perairan dalam Mengadaptasi Perubahan Iklim. Selama diskusi panel, ada beberapa isu yang diangkat oleh peserta untuk didiskusikan pada panelis. Beberapa isu tersebut diantaranya mengenai solusi alternatif untuk permasalahan air di Indonesia, desalinasi air laut untuk mengatasi permasalahan kelangkaan air di masa depan, mengubah air limbah menjadi air bersih, pengaturan terhadap kebutuhan air. Peran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada IPCC dan REDD+ juga menjadi pembahasan pada diskusi workshop. Sebagai kesimpulan dalam rangkaian diskusi pada workshop ini, Prof Shahbaz menggaris-bawahi isu kemiskinan yang dihubungkan dengan keterlibatan sosial dan kesetaraan antar pemangku kepentingan yang harus diatasi dengan investasi yang sesuai oleh Pemerintah sebagai bagian dari agenda setelah 2015. Terkait dengan populasi rakyat Indonesia yang terus meningkat, kebutuhan untuk meningkatkan investasi pada infrastruktur air menjadi suatu isu kunci. Para peserta workshop meminta Pemerintah Indonesia untuk melakukan langkah yang serius untuk terus bergerak menuju manajemen air yang berkelanjutan dengan didampingi oleh UNESCO Jakarta. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai topik air dan pengembangan berkelanjutan dapat mengontak Mr. Shahbaz Khan (s.khan(at)unesco.org). Presentasi workshop dapat diunduh disini (https://www.dropbox.com/sh/mip8ur1pjpkbr7j/AAChTrGP7NwLo3j3UFAX7BIYa?dl=0)
Sumber berita:
Situs UNESCO
http://www.unesco.org/new/en/jakarta/about-this-office/single-view/news/celebration_of_world_water_day_2015_water_and_sustainable_development/#.VT7hAJSUdCU

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id