fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Jakarta (21/10)-Universitas Bakrie, sebagai tindak lanjut dari MoU serta kerjasama antara Universitas Bakrie dengan DANIDA (Danish International Development Agency), DEM (Danish Energy Management) dan AU (Aarhus University). DANIDA yang diwakili oleh, JØrn Olesen (Senior Adviser at DANIDA), Marie Elsner SØndergaard (DBP Secretariat) dan Michael Wendelboe Hansen (Consultant Copenhagen Business School) mengunjungi Universitas Bakrie untuk monitoring dan evaluasi hasil dari kerjasama tersebut, khususnya pada preparation phase yang sudah dilaksanakan dari November 2013 sampai dengan bulan Maret 2014.

 

Sementara itu kunjungan dari DANIDA tersebut diterima oleh tim dari Universitas Bakrie yang diterima langsung oleh, Rektor Universitas Bakrie, Prof Sofia W. Alisjahbana, Ph.D (Team Leader), I Made Brunner, Ph.D. (Ketua Program Studi Teknik Lingkungan), Dr Susy Fatena R, ST., M.SC  (Ketua Lembaga Pengembangan dan Penelitian), Suwito, ST, Ph.D. (Dosen Program Studi Teknik Sipil), Dr. Ir. Didit Herawan, MBA (Ketua LPKM) dan Ir. Bambang Purwoko Kusumo Bintoro, MBA (Ketua Program Studi Magister Manajemen).

DANIDA sendiri adalah lembaga bantuan dibawah Kementrian Luar Negeri Denmark yang berfokus untuk membantu negara-negara berkembang terutama di Afrika, Asia, Amerika Latin dan Timur Tengah, dan DANIDA ini sangat concern dengan konservasi energi.

Ibu Sofia menjelaskan hasil  dari preparation phase ini sangat memuaskan karena dari hasil kerjasama ini Universitas Bakrie bersama Aarhus University telah berhasil merumuskan kurikulum baru di Indonesia, yaitu efisiensi energi yang dapat diintergrasikan di dalam kurikulum Universitas Bakrie, khususnya pada Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, lebih khususnya lagi untuk program studi Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil, sehingga pada saat lulus nanti, lulusan Universitas Bakrie akan memiliki nilai tambah dibandingkan lulusan Universitas lain yang ketika lulusan ini terserap oleh industri, mereka akan mengaplikasikan ilmunya di perusahaan tempat Ia berkerja, termasuk aplikasi efisiensi energi yang Ia dapatkan semasa berkuliah di Universitas Bakrie.

Lebih lanjut lagi dari pertukaran staff dari Universitas Bakrie ke Copenhagen, Denmark yang termasuk dalam DANIDA Fellowship Program, Corporate Social Responsibility Course (16 Juni – 4 Juli 2014), yaitu Bapak Didit yang telah berangkat kesana, langsung mengaplikasikannya di Kelompok Usaha Bakrie, karena Universitas Bakrie ini didukung penuh oleh Kelompok Usaha Bakrie. Sehingga beliau memiliki target untuk melakukan pelatihan selama 6 bulan untuk pelaku usaha di KUB, terutama yang terkait dengan CSR, selain kegiatan filantropi yang sudah rutin dan aktif dilakukan oleh KUB bisa juga dimasukkan kegiatan berupa konservasi energi terutama perusahaan KUB yang terkait dengan infrastruktur, property, pertambangan.  Hal ini pun sejalan dengan kurikulum di Program Magister Manajemen, tambah Pak Kusumo Bintoro yang akrab dipanggil Pak Pungky ini mengatakan kelak, MM akan mengaplikasikan kurikulum yang terintegrasi dengan efisiensi energi seperti audit energi yang akan menjadi nilai tambah bagi Universitas Bakrie itu sendiri. 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id