LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Ibu Irma menjadi salah satu dosen tamu dalam acara Sharing Session di Program Magister Manajemen (MM) Universitas Bakrie(14/09). Pembahasannya kali ini mengenai Marketing Research yang diikuti oleh Mahasiswa Program MM UB.

Kegiatan Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, kehadiran Ibu Irma untuk memberikan sharing session mengenai fenomena pemasaran di perusahaan-perusahaan besar yang sudah stabil.

Pentingnya market research ini bagi mahasiswa MM untuk sangat memahami target sasarannya sebagai aktivitas dari keberlangsungan pemasaran di suatu perusahaan menjadi tepat. Sebab strategi pemasaran yang bagus tidak dapat terlaksanakan dengan baik apabila market researchnya tidak tepat. Dengan itu, beberapa hal mengenai kepentingan market research akan menjadi perhatian dalam pembahasan sharing session kali ini.

Selain itu, perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan, karena secara umum, pemasaran selalu banyak berhubungan dengan dengan para pelaku bisnis seperti konsumen ataupun pelanggannya, serta informasi yang akan membentuk konsumen itu menjadi knowledable. Untuk itu pentingnya dalam memahami pemasaran dapat dilakukan melalui research terhadap segmentasi yang menjadi sasarannya.

Bagaimanapun pergeseran paradigma pemasaran akan berlangsung mengikuti perkembangan yang ada, dari pemasaran transaksional (transactional marketing) menuju pemasaran hubungan (relationship marketing). Oleh karena itu, berbagai issues yang perlu dipelajari seperti e-commerce, relationship marketing, green marketing, atau issues lainya untuk mendekatkan diri dengan konsumen ataupun pelanggannya.

Selain sharing session, melalui kegiatan ini mahasiswa MM juga sekaligus dapat melakukan konsultasi mengenai tips dan trick pada market research yang terjadi di perusahaan yang sedang dikelolanya. Berbagai permasalahan yang biasa terjadi juga dibahas sebagai studi kasus dalam sebuah diskusi.

Hal ini memberikan peluang bagi mahasiswa MM untuk mendalami pemahaman secara real case, dan juga mendapatkan sebuah konsultasi langsung dari ahlinya. Tentunya hal ini untuk menunjang kegiatan pengajaran yang dikonsepkan oleh MM UB sesuai dengan kebutuhan oleh mahasiswa MM.

 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id