LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Kelas Inovasi Magister Manajemen Universitas Bakrie pada hari Senin (8/1) malam terasa lebih istimewa karena telah hadir Dr. Denny Turner (Associate Client Partner, Korn Ferry Hay Group) konsultan berbagai perusahaan yang dengan pengalamannya bisa berbagi ilmu tentang inovasi di era digital.

Inovasi kata yang sederhana tapi sulit dilakukan, karena dalam inovasi itu terkandung suatu masalah, dan dalam suatu organisasi inovasi dibutuhkan untuk perusahaan bisa sustainable. “Hari ini kita berada di momen yang unik, karena kita sudah berada di tengah-tengah information society.” Ujar pria yang pernah berkecimpung di dunia akademis selama 12 tahun ini.

Satu kenyataan yang terjadi saat ini adalah berdasarkan data survey yang dilakukan oleh MIT, sebanyak 90% perusahaan mengalami digital disruption, reinvention, inovasi, sehingga business model akan berubah secara fundamental, sehinggga product, services dan customer experiences harus ditata ulang. Bagaimana caranya untuk menjadi efisien dan efektif. Sebagai mahasiswa MM tantangannya adalah untuk menggali keduanya untuk bisa berjalan beriringan.

Tips bagaimana unggul dan memanfaatkan momen saat ini adalah untuk bisa maju ke depan karena organisasi ditantang untuk dua hal yang bertentangan, bertahan atau mengambil kesempatan yang ada untuk perubahan, atau sebuah organisasi yang agile. Agile organization adalah tipe organisasi yang lincah, cepat berubah dan menyesuaikan diri dan ini terjadi di semua tingkatan, mulai dari tingkatan paling atas hingga tingkatan paling bawah.

Ada satu hal yang sangat membedakan dalam digital disruption yaitu prinsip-prinsip ekonomi turut berubah, sebelum era digital produk semakin langka semakin mahal, tapi saat ini justru sebaliknya. Meskipun kita bicara mengenai disruption technology, berita baiknya adalah, SDM tetap fundamental. Paradoksnya sukses tergantung orang, meskipun kita memiliki teknologi yang baik, faktor yang nyata dalam perusahaan adalah kemampuan perusahaan untuk ber evolusi dan tahap yang genting adalah bisa merangkul strategi yang baru selaras dengan teknologi tersebut.

 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id