fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

S1 Reguler Universitas Bakrie membuka jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022-2023

Pendaftaran

 

S1 Kelas Karyawan Program Studi pilihan kelas karyawan: Manajemen, Akuntasi, Komunikasi, Teknik Industri

Pendaftaran

MAGISTER MANAJEMEN

Program MM-UB membuka penerimaan mahasiswa baru di setiap semester

Selengkapnya

 

 

Universitas Bakrie secara simultan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia

Universitas Bakrie secara simultan dan berkesinambungan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran; Penelitian dan Pengembangan; dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Lihat Berita

Masa Tunggu 0 Bulan dan Sudah Bekerja.

Lulusan Universitas Bakrie terserap dalam waktu 0 bulan di berbagai perusahaan bonafid di Indonesia dan Perusahaan Kelompok Usaha Bakrie.

LPKM Public Training

Public Training LPKM ini adalah program pelatihan dengan berbagai tema yang terjadwal dengan tujuan tridarma perguruan tinggi dalam menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas.

Jadwal Kegiatan Public Training

Kegiatan utama di LPP adalah mengelola kegiatan penelitian yang dilakukan para tenaga pendidik di berbagai bidang sesuai dengan keahliannya. Pengelolaan ini mencakup beberapa aspek yaitu pengelolaan penelitian tenaga pendidik yang didanai oleh LPP, pengelolaan penelitian tenaga pendidik yang dananya berasal dari berbagai instansi luar seperti Dikti (Hibah Penelitian) maupun penelitian yang menjadi bagian dari beban kerja dosen.

Berita

Greetings from Rector

Universitas Bakrie menerapkan metode “Experiential Learning”, yaitu sebuah metode pembelajaran di mana para mahasiswa merasakan pengalaman terjun langsung di dunia korporasi dan bisnis melalui “Real Cases and Real Practices in Real Business Environment”.

Fauziyyah Ariffa, mahasiswi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie baru saja meraih Juara 2 kategori 3-Minutes Thesis Presentation (S1) dalam kegiatan ITS Technovation Festival. Pengumuman Pemenang dipublikasikan melalui media sosial Instagram @its_lustrum12 pada Selasa, 3 November 2020 lalu.

Awalnya, ia mengikuti kegiatan tersebut berdasarkan rekomendasi dan dukungan dari Dosen ITP Universitas Bakrie, yakni Ardiansyah, Ph.D.

Topik yang Fauziyyah angkat untuk mengikuti perlombaan tersebut berasal dari tugas akhir yang ia buat, yaitu analisis senyawa non-volatil pada bekatul Inpari 30 dan Cempo Ireng dengan fermentasi dan tanpa fermentasi. Produksi padi di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 59,60 juta ton gabah kering giling dan 5-8% nya adalah bekatul yang merupakan hasil samping dari penggilingan padi.

Bekatul sendiri dikenal sebagai limbah dan umumnya digunakan sebagai bahan pakan atau kosmetik, padahal bekatul mengandung berbagai komponen bioaktif bagi tubuh. Hasil dari senyawa-senyawa pada bekatul memiliki manfaat bagi tubuh manusia, seperti meningkatkan sistem imun, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, berpengaruh pada sintesis hormon, kemopreventif dan bertindak sebagai anti diabetes. Selain itu, bekatul dengan fermentasi menghasilkan senyawa-senyawa baru yang juga memiliki dampak positif bagi tubuh manusia.

Tentunya pengalaman yang Fauziyyah dapatkan dari kegiatan ini sangatlah berkesan. Ia senang dapat menyampaikan ilmu baru kepada masyarakat.

“Hal yang paling berkesan adalah dimana saya dapat menyampaikan ilmu baru kepada masyarakat mengenai senyawa-senyawa non-volatil yang ada pada bekatul dan manfaat senyawa-senyawa tersebut bagi manusia, sehingga meningkatkan kesadaran bahwa bekatul bukanlah limbah tetapi bahan yang berfaedah. Sehingga dikemudian hari pemanfaatan bekatul sebagai bahan pangan lebih banyak diproduksi dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada teman-teman untuk terus berpikir positif dan jangan pernah takut untuk mengikuti berbagai perlombaan, menang dan kalah bukanlah tujuan, tetapi bagaimana kita bisa membuat suatu karya atau berkontribusi dalam bidang pengetahuan dengan menyampaikan ilmu baru kepada masyarakat.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id