Sidebar

Ketua BEM-UB : Komunikasi, Modal Utama Saya dalam Memimpin

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Hal itu diakui oleh Rian Marfinsyah Rahim, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie. Namun, komunikasi yang baik sangat membantunya dalam memimpin karena ia dapat mengerti dan dimengerti orang lain.

Sejak awal menginjakkan kaki di Universitas Bakrie, Rian memang sudah bercita-cita ingin menjadi pemimpin. Rian terinspirasi oleh sosok Ketua BEM tahun 2012 saat melihat sang ketua memperkenalkan diri di acara pengenalan kampus Bakrie. Banyak orang meragukan kemampuannya, mereka pikir itu hanyalah ambisi atau sekedar angan. Tanpa mempedulikan keraguan orang lain, Rian tetap maju dengan semangatnya. Alhasil, ia berhasil menduduki jabatan tersebut di periode kepengurusan BEM 2014/2015 ini. Ketika ditanya, hal apa yang paling menjadi ‘modal’ dirinya sebagai pemimpin, ia menjawab, “Tentunya ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi mengajarkan saya bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dalam organisasi, bagaimana memecahkan masalah dalam kelompok dengan komunikasi yang efektif.” Ya, peminatan Marketing Communication yang ia pilih untuk studinya memang berkaitan erat dengan bagaimana cara seseorang mempersuasi bahkan meyakinkan lawan bicaranya.

Berkecimpung dalam sebuah organisasi bukanlah hal baru bagi pemuda kelahiran Gorontalo ini. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Kepala Departemen Kreatifitas dan Profesi di HMILKOM-UB. Saat ini, Rian juga merupakan anggota dari HPMIG (Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo) regional Jakarta, serta komunitas Eyesheet Production, kumpulan mahasiswa Universitas Bakrie yang hobi membuat film, mendesain, dan juga mempunyai tujuan bisnis profit oriented. Walaupun sibuk di organisasi, Rian juga tetap berprestasi di bidang akademik. Sejak diterima di Universitas Bakrie, ia sudah meraih beasiswa penuh hingga sarjana kelak. “Sesibuk apapun, tujuan utama saya ke sini tentunya adalah belajar, jadi akademik tetap dikedepankan” , ungkap pemuda bertubuh mungil ini. Ia berharap, dengan segala pengalamannya, ia dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk diri sendiri dan orang lain.   Penulis : Ayu Nanda Maharani