Tak Pernah Takut Nilai Turun karena Aktif di Kampus

Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik, mahasiswa mana yang tidak menginginkannya? Sayangnya, saat ini banyak mahasiswa yang berpikir jika aktif dalam bidang non akademik maka akan mengganggu akademiknya. Itu akan terjadi hanya jika seorang mahasiswa tidak dapat membagi waktu dengan baik.

Richard Teo, mahasiswa Ilmu Komunikasi, adalah salah satu mahasiswa yang aktif dan berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Hal itu dibuktikan dengan nilai dan IP-nya yang hampir memuaskan, juga dengan jabatan yang didudukinya di organisasi.

Teo, begitu biasa ia dipanggil, saat ini aktif di beberapa organisasi dan kepanitiaan, contohnya Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMILKOM) dan kepanitiaan UB’s Week berupa kegiatan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru tahun 2014. Di HMILKOM, Teo menjabat sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Mahasiswa. Itu cukup menandakan bahwa pemuda asal Batam ini berkompeten dan dipercaya. Tidak hanya di kampus, Teo juga berprestasi di bidang seni, tepatnya bermain drum dengan menggunakan mulut atau yang biasa disebut dengan beatbox. Beatbox hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang berlatih khusus karena tidak mudah melakukannya. “Beatbox ini saya pelajari sejak saya duduk di bangku SMA, saya belajar dari komunitas Batam Beatbox Xquad”, ungkap pemuda 19 tahun ini. Richard mengaku bahwa banyak faktor yang membuat dirinya tetap percaya diri untuk aktif dan dapat berprestasi di berbagai bidang. Salah satunya adalah fasilitas dan kurikulum yang disediakan dan diajarkan oleh prodi Ilmu Komunikasi sangat melatih dan menuntun mahasiswa pada dunia kerja yang sebenarnya, sehingga mahasiswa Ilmu Komunikasi UB memiliki skill yang siap untuk bersaing di dunia perkerjaan. “Faktor-faktor ini yang membuat saya sangat aktif dalam organisasi dan saya tidak pernah takut dengan penurunan nilai akademik” , tambahnya. Oleh karena itu, hal ini membuat Teo ingin terus berorganisasi dan meningkatkan diri dalam bidang akademik dan non akademik.   Penulis : Ayu Nanda Maharani