Peran Ilmu Komunikasi kian penting seiring berkembangnya industri komunikasi. Salah satu prospek kerja yang sangat diminati oleh lulusan Ilmu Komunikasi adalah menjadi seorang Social Media Specialist. Profesi ini sudah tidak asing lagi, kan kedengarannya? Mengingat pentingnya peran media sosial dalam dunia bisnis dan komunikasi modern. Seorang Social Media Specialist bisa dibilang sebagai ‘garda pemikat’ dalam mengelola dan memaksimalkan kehadiran perusahaan atau brand di platform media sosial. 

Makanya tak heran profesi ini sangat dicari dalam pasar kerja saat ini. Yuk, cari tahu seluk beluk profesi yang satu ini!

Kenapa Social Media Specialist Booming?

Profesi Social Media Specialist telah muncul dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan kemajuan teknologi digital dan media yang semakin cepat. Banyaknya pengguna media sosial yang sangat banyak dan terus bertambah menjadi alat yang sangat potensial untuk mendukung kegiatan promosi. 

Tak bisa dipungkiri, media sosial memiliki power yang sangat kuat dalam mempengaruhi perilaku dan menciptakan tren. Industri kemudian mulai menyadari hal ini sebagai cara untuk menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang kini mencari profesional yang bisa mengoptimalkan akun media sosial sebagai salah satu channel promosi. 

Pada umumnya, media sosial kini bukan hanya sekedar tempat untuk berinteraksi sosial, tetapi juga menjadi platform pemasaran yang kuat. Perusahaan dan brand menyadari bahwa mereka dapat mencapai audiens yang lebih luas dan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan mereka melalui media sosial. Social Media Specialist memiliki kemampuan untuk merancang dan menjalankan strategi pemasaran yang efektif di berbagai platform, seperti Instagram, TikTok, Twitter, LinkedIn, dan platform media sosial lainnya. Mereka memahami tren terbaru dalam media sosial, algoritma, dan cara berinteraksi dengan audiens yang membuat profesi ini menjadi aset berharga bagi perusahaan.

Selain itu, Social Media Specialist juga berkaitan erat dengan tanggung jawab untuk memastikan bahwa brand atau perusahaan dalam media sosial memiliki citra yang positif dan konsisten di mata audiens. Hal ini tentu dibuktikan dengan konten di media sosial yang menjadi ‘wajah utama’ sebuah perusahaan atau brand. 

Baca juga: Copywriter VS Content Writer, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Apa Tugas Seorang Social Media Specialist?

Tugas dan tanggung jawab Social Media Specialist tidak sesederhana mengupload konten saja. Terdapat beberapa tahapan yang umumnya dilakukan social media specialist, yaitu : 

1. Riset

Seorang Social Media Specialist dalam membuat konten tentu tidak dilakukan secara spontan dan tanpa rencana. Terlebih ketika membuat konten profesional untuk perusahaan, pasti dibutuhkan riset tentang berbagai hal yang terkait dengan media sosial, seperti tren, audiens, dan competitor. Profesi ini harus melakukan riset dan mengenal audiens, mengenai siapa yang menggunakan media sosial, apa yang audiens suka, dan bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka. Hal tersebut dilakukan agar konten yang dibuat relevan dan dapat dijangkau sesuai target awal.

Selain itu, media sosial juga selalu berubah dan profesi ini perlu tahu apa yang sedang tren. Riset membantu Social Media Specialist memahami apa yang sedang populer sehingga dapat membuat konten yang sesuai. Riset juga dapat diterapkan sampai ke penggunaan tools, aplikasi dan teknologi untuk kebutuhan kerja.

2. Strategi

Setelah melakukan riset dan mengumpulkan informasi terkait media sosial, maka tugas selanjutnya adalah menyusun dan menentukan strategi apa yang ingin digunakan untuk konten yang akan diproduksi. Strategi dalam tugas Social Media Specialist bisa meliputi strategi dalam menyusun content pillar, membuat content plan yang sesuai, menempatkan konten di berbagai platform media sosial, bahkan sampai strategi visual yang ingin ditampilkan dalam konten.

Tidak hanya itu, pemilihan kata dalam konten, penulisan caption, penentuan hastag bahkan sampai waktu publikasi konten juga menjadi bagian dari strategi yang sangat penting dan bisa berdampak besar lho! Apalagi tiap media sosial memiliki algoritmanya masing-masing yang menuntut Social Media Specialist harus bisa beradaptasi dengan hal tersebut.

3. Produksi

Social Media Specialist sudah pasti bersahabat dengan konten. Bekerja di balik layar dan bisa juga bekerja di depan layar. Selanjutnya adalah mengeksekusi konten di tahapan produksi. Social media specialist harus sudah siap dengan content brief, talent, serta alat tempur berupa kamera, lighting, dan lain-lain untuk melakukan shooting konten jika konten berupa video.

Seorang Social Media Specialist berperan untuk mensupervisi seorang Fotographer, Videographer dalam pembuatan kontennya. 

4. Analisis

Tidak berhenti sampai disitu, tugas Social Media Specialist dilanjutkan dengan menganalisis data dan statistik yang dihasilkan dari aktivitas media sosial. Mereka dapat mengidentifikasi tren, mengukur efektivitas konten, sampai merespon perubahan dalam perilaku audiens dengan cepat. 

Dengan pemahaman yang mendalam dalam menganalisis media sosial, Social Media Specialist dapat melakukan evaluasi, memaksimalkan kinerja, dan mempertimbangkan keputusan mengenai media sosial, konten atau bahkan campaign yang dijalankan agar terus sustain dan lebih baik lagi di produksi selanjutnya.

Kuliah Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie!

Untuk menjadi Social Media Specialist, akan lebih baik jika membekali pengetahuan sesuai dengan standar industri komunikasi saat ini! Saatnya menemukan kampus yang tepat untuk berkuliah Ilmu Komunikasi. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie bisa menjadi pilihan yang tepat dan unggul dalam mengikuti perkembangan industri komunikasi masa kini. 

Skill set menjadi seorang Social Media Specialist juga akan diperdalam dengan metode Experiential Learning dimana proses belajar selalu diikuti oleh pengalaman terjun langsung terhadap materi kuliah yang diajarkan. Mahasiswa tidak hanya mempelajari teori tetapi juga beradaptasi untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Semakin tertarik untuk menjadi social media specialist di masa depan? Daftarkan dirimu sekarang!