Di era digital saat ini, media sosial menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling populer. Berdasarkan data dari We Are Social, pada Oktober 2023 ada sekitar 104,8 juta pengguna Instagram di Indonesia. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak keempat di dunia. Hal ini tentu menjadi peluang bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan social media marketing untuk menjangkau target audiens mereka.
Lalu, apa yang dimaksud dengan social media marketing dan apa saja kegunaannya? Simak artikel ini sampai akhir ya!
Kenalan dengan Social Media Marketing!
Social Media Marketing (SMM) merupakan strategi pemasaran digital yang memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa serta membangun interaksi yang kuat dengan audiens.
Berbeda dengan metode pemasaran konvensional, social media marketing memberikan keunggulan dalam mencapai target audiens secara lebih efisien. Tidak sampai disitu, social media marketing juga dapat meningkatkan brand awareness, dan memaksimalkan penjualan, lho!
Apa Saja Ragam Platform Media Sosial yang Bisa Dimanfaatkan?
1. Instagram
Dengan lebih dari 104 juta pengguna di Indonesia, Instagram menjadi salah satu platform yang paling efektif untuk social media marketing. Fitur visualnya memungkinkan brand untuk menampilkan produk atau jasa melalui postingan foto maupun fitur video reels yang ada.
Selain itu, terdapat fitur story dan highlight yang juga dapat digunakan untuk mempromosikan produk maupun aktivitas perusahaan.
2. TikTok
Tiktok saat ini menjadi platform dengan pengaruh yang sangat tinggi. Kebanyakan trend bahkan di media sosial bahkan awal mulanya berasal dari aplikasi Tiktok. Pemakaian platform TikTok semakin meluas, terutama di kalangan muda.
Maka dari itu, video singkat yang diunggah dalam platform Tiktok dapat menjadi strategi efektif untuk menarik perhatian audiens. Selain itu, algoritma Tiktok dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar konten dapat masuk ke dalam for your page.
3. Facebook
Last but least, Facebook rasanya menjadi media sosial yang paling familiar ya? Facebook hingga kini tetap menjadi platform yang kuat dengan berbagai fitur iklan dan targeting yang canggih.
Terlebih, Facebook juga kini terkoneksi dengan Instagram melalui Meta yang membuat eksistensi Facebook dengan berbagai fiturnya tidak akan tergeserkan sampai kapanpun.
Kenapa Social Media Marketing Powerful?
Social media marketing memiliki banyak keunggulan jika dimanfaatkan dengan baik. Beberapa alasannya antara lain :
1. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan terus menerus memasarkan produk atau jasa di media sosial, perusahaan atau brand dapat meningkatkan kesadaran merek karena media sosial kini sudah menjadi ‘teman’ dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Orang yang melihat entah dengan sengaja maupun tidak sengaja dapat mengetahui suatu brand tertentu hanya dengan melalui ponsel.
2. Menjaga Interaksi dengan Pelanggan
Media sosial memiliki segudang fitur yang bisa dimanfaatkan. Melalui fitur komentar dan pesan langsung, perusahaan atau brand dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan memperkuat hubungan. Dengan interaksi ini juga, pelanggan dapat semakin mudah untuk mempertahankan loyalitasnya terhadap suatu brand.
3. Meningkatkan Performa Suatu Brand
Setiap media sosial tentu memiliki algoritma dan cara kerjanya masing-masing. Dengan tools analytics yang disediakan oleh platform media sosial, perusahaan atau brand dapat terus melakukan monitoring akan suatu konten atau bahkan identitas suatu brand melalui media sosial. Selain itu brand juga dapat mengevaluasi data, dan membuat penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang akan dilakukan selanjutnya.
Social media marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang penting di era digital ini. Dengan memanfaatkan social media marketing, para pelaku bisnis dapat menjangkau target audiens yang lebih luas hingga mempertahankan loyalitas audiens terhadap suatu brand.
Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang social media marketing? Kamu bisa berkuliah di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dan mengambil peminatan marketing communications! Daftarkan dirimu segera!