Dalam era informasi dan komunikasi yang semakin berkembang, peran Public Affairs dan Public Relations menjadi semakin krusial dalam menjalin hubungan dengan berbagai pihak terkait atau stakeholder. Meskipun seringkali dianggap memiliki tugas yang sama, kenyataannya keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam pendekatan dan fokus kerjanya. Penasaran mengenai profesi Public Affairs Officer?
Baca selengkapnya!
Kenalan dengan Profesi Public Affairs!
Public Affairs merujuk pada istilah yang digunakan untuk menggambarkan interaksi organisasi dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan terkait. Pihak-pihak ini melibatkan politisi, pegawai pemerintah, komunitas setempat, kelompok bisnis, serikat pekerja, dan sebagainya.
Public Affairs terfokus pada aspek-aspek yang memiliki dampak langsung pada masyarakat dan cenderung memiliki nuansa politis yang lebih kuat dibandingkan dengan fungsi Public Relations (PR). Para praktisi Public Affairs bertugas menyebarkan informasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk mempengaruhi kebijakan publik serta memperoleh dukungan untuk agenda organisasi yang bersangkutan.
Apa Saja Tugas Public Affairs?
Public Affairs berperan sebagai sarana untuk menyatukan kepentingan bisnis dengan kebijakan publik dalam sebuah perusahaan. Dalam menjalankan layanannya, beberapa praktik Public Affairs melibatkan interaksi rutin dengan politisi, penasihat politik, dan regulator pemerintah. Mereka membangun dan menjaga hubungan yang solid sembari menyediakan informasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan terkait perusahaan. Aktivitas ini juga mencakup pemantauan terhadap proses pembuatan kebijakan, berkomunikasi dengan wartawan, dan membina relasi dengan berbagai outlet media.
Public Affairs tentu harus bisa memanfaatkan kekuatan kata-kata karena para praktisi Public Affairs berupaya mempengaruhi kebijakan publik, sekaligus terlibat dalam kegiatan lobi terhadap undang-undang tertentu. Mereka juga secara rutin memantau kegiatan politik, selaras dengan upaya advokasi untuk mendukung agenda dan kepentingan organisasi.
Dalam rangka menyusun strategi dan memberikan konsultasi, peran Public Affairs juga melibatkan proses penyusunan rencana yang mendukung visi dan misi organisasi. Semua upaya ini dilakukan untuk menjembatani kesenjangan antara dunia bisnis dan kebijakan publik serta memberikan kontribusi positif terhadap reputasi dan hubungan perusahaan dengan masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya.
Dilansir dari HumasIndonesia.ID, dalam situasi di mana informasi tidak pasti dan munculnya berbagai model bisnis baru, peran fungsi komunikasi public affairs semakin meningkat. Menurut Suryopratomo, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, kemampuan berkomunikasi menjadi sangat penting dalam menghadapi era banjir informasi, yang mencakup penyebaran informasi yang menyesatkan dan hoaks.
Corporate and Public Affairs, Peminatan yang Bisa Kamu Pilih di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie!
Jika kamu tertarik untuk turut andil dalam profesi Public Affairs, pastinya kamu harus membekali ilmu sesuai dengan studi yang relevan. Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie memiliki peminatan Corporate and Public Affairs yang bisa kamu pilih!
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi lahir sebagai bentuk respon terhadap perkembangan keilmuan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta sosial politik di Indonesia. Para lulusan akan dibentuk menjadi praktisi yang adaptif dengan tuntutan perkembangan industri. Daftarkan dirimu sekarang!