Perusahaan yang baik tentunya memiliki rencana komunikasi strategis dan kuat untuk membentuk hubungan yang baik terkhusus secara internal. Maka dari itu, peran komunikasi korporasi memiliki pengaruh yang sangat penting karena mencakup keberhasilan perusahaan dalam berkomunikasi dengan pihak internal dan pihak eksternal lebih luasnya. Penasaran bagaimana pentingnya komunikasi korporasi lebih lanjut?

 Simak selengkapnya!

Apa itu Komunikasi Korporasi?

Komunikasi korporasi adalah suatu disiplin yang berkaitan dengan manajemen dan penyampaian informasi di dalam serta di sekitar suatu organisasi atau perusahaan. Tujuan utama dari komunikasi korporasi adalah memastikan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh perusahaan konsisten, jelas, dan sesuai dengan nilai-nilai serta tujuan perusahaan.

Komunikasi korporasi melibatkan interaksi dengan berbagai pihak, termasuk karyawan, pelanggan, mitra bisnis, pemegang saham, media, dan masyarakat umum. Dengan cara ini, komunikasi korporasi tidak hanya mencakup aspek internal organisasi, tetapi juga mencakup hubungan perusahaan dengan dunia eksternal.

Baca juga: Kenalan dengan Public Affairs Officer Profesi yang Berhubungan dengan Stakeholders

Apa Saja Fungsi Komunikasi Korporasi?

1. Berperan dalam proses komunikasi di internal perusahaan

Keberhasilan sebuah perusahaan tidak hanya terletak pada bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan, investor, atau mitra bisnis. Pihak internal, seperti karyawan dan manajemen, memiliki peran sentral dalam membentuk kesehatan organisasi. 

Komunikasi yang efektif dengan pihak internal menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan mendukung, meningkatkan keterlibatan karyawan, serta mendorong kolaborasi dan inovasi. Maka dari itu, komunikasi korporasi berperan dalam menyusun strategi komunikasi internal dan eksternal perusahaan.

2. Corporate branding 

Nah, kalau sebelumnya kita berbicara perannya untuk pihak internal, saatnya kita berbicara dengan eksternal. Komunikasi korporasi membantu perusahaan dalam mengelola reputasi dengan merancang pesan-pesan yang mendukung citra perusahaan. Melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk media sosial, pers, dan kampanye pemasaran, komunikasi korporasi membantu meningkatkan corporate branding suatu perusahaan.

Komunikasi korporat memiliki peran dalam menyampaikan nilai-nilai dan informasi perusahaan kepada masyarakat untuk membentuk reputasi positif bagi operasi bisnis yang sedang berjalan. 

3. Punya peran yang besar pada crisis management

Sebuah perusahaan dapat menghadapi risiko terburuk yang dapat merugikan reputasi bisnisnya. Oleh karena itu komunikasi korporasi berperan penting untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada masyarakat atau media guna mempertahankan segala aspek perusahaan.

Tujuan utamanya adalah untuk merespons dan mengatasi segala tudingan atau tuduhan negatif yang mungkin ditujukan kepada perusahaan tempat bekerja, sehingga kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap perusahaan tetap terjaga.

Kuliah di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie!

Aspek-aspek komunikasi korporasi melibatkan strategi komunikasi, manajemen reputasi, penanganan krisis, dan pengelolaan hubungan dengan pemangku kepentingan. Maka dari itu, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie hadir untuk mencetak lulusan dengan wawasan sosial dan profesional sehingga mampu beradaptasi terhadap tujuan perusahaan yang berkelanjutan. 

Tertarik untuk mengambil peran penting dalam komunikasi korporasi perusahaan? Daftarkan dirimu sekarang!