Seorang Humas memiliki peranan penting dalam menciptakan serta menjaga komunikasi yang baik dengan internal maupun eksternal perusahaan. Tak hanya memiliki tanggung jawab dalam merancang strategi komunikasi untuk audiens luas, lebih dari itu, humas memiliki tugas untuk memantau bagaimana pendapat publik mengenai perusahaan melalui media monitoring.

Lantas, seperti apakah media monitoring tersebut? Dan bagaimana manfaatnya untuk perusahaan. Simak penjelasannya!

Apa itu Media Monitoring?

Media monitoring adalah kegiatan pemantauan dan analisis informasi yang ada di media cetak atau digital dengan menggunakan keyword untuk topik tertentu. Perubahan tren media cetak ke digital membuat media monitoring lebih mudah. Kini banyak media monitoring tools yang bisa digunakan, seperti Hootsuite, Determ, dan sebagainya.

Media monitoring sendiri terbagi menjadi 3 bentuk:

  1. Media clipping adalah memperoleh dokumennyang berupa naskah beriga, iklan media massa, hingga artikel yang berbentuk teks dan video.
  2. Media tracking adalah kegiatan melacak opini publik terhadap kejadian  atau topik tertentu di media massa.
  3. Media content analysis adalah analisis konten media yang berguna untuk menganalisis suatu teks berita dengan menggunakan metode kuantitatif.

Manfaat Media Monitoring 

Media monitoring memberikan manfaat untuk melihat dan memantau peristiwa yang sedang terjadi serta apa yang diinginkan terjadi untuk mengetahui apa yang akan terjadi ke depannya. 

Dilansir dari Humas Indonesia Id. ada yang tak kalah penting menurut Nur Imroatus, yakni ketika melakukan media monitoring, seorang Humas tak boleh meninggalkan 5W 1 H yang ada pada berita. What, berkaitan dengan mengoleksi berbagai informasi apa saja yang sedang terjadi; when, bagaimana perkembangannya dalam rentang yang luas; where, di mana terjadinya; who, siapa yang mengembangkan isu; dan terakhir how, bagaimana isu itu disajikan. 

Dengan begitu, media monitoring dapat membantu Humas dalam beberapa hal. Pertama dalam pengendalian diri, sehingga perusahan tahu apa yang sedang dikatakan publik terhadap mereka agar dapat mengambil tindakan yang tepat apabila ada disinformasi. Selanjutnya, media monitoring tentu membantu Humas dalam menemukan dan memantau apa yang sedang dilakukan kompetitor. Terakhir yang tak kalah penting, media monitoring membantu Humas dalam mengevaluasi keefektivitasan campaign yang sedang berjalan. 

Yaps, itulah perkenalan pertama kita terhadap pengertian serta manfaat dari media monitoring. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di kanal artikel Universitas Bakrie!