fbpx

Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis (PIIB) Universitas Bakrie kembali menyelenggarakan B-Innovation, workshop yang ditujukkan bagi Mahasiswa dengan fokus pengembangan bisnis berkelanjutan. B-Innovation yang berjalan pada Jumat, 1 Oktober 2021 lalu ini dipandu oleh Bapak Rustam Fauzi, S.E., M. Ak. selaku Manager Utama PIIB (Pusat Inovasi Inkubator Bisnis), dan menghadirkan Muhammad Rifaldi, Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Bakrie yang sudah berkecimpung lama dalam dunia bisnis, hingga berhasil mendirikan PT Fate Esa Cipta yang bergerak dalam bidang produksi dan video animasi dengan jabatan Chief Technology Officer pada tahun 2013-2016.

 

 

 

Rifaldi menceritakan niat awalnya menjadi mahasiswa di Prodi Manajemen didasari ketertarikannya dengan program Inkubator Bisnis, disamping itu ia juga piawai dalam membuat animasi. Pada bahwa tahun 2018 dirinya berhasil mendirikan PT Jiwa Gelora Juara yang fokus bidangnya ada dalam produksi mainan anak dalam bentuk digital. Rifaldi juga ketika membangun bisnis awalnya mendapatkan kesempatan emas berupa suntikan dari investor yang berasal dari Fenox VC senilai $50K dengan bergabungnya Playable Kids ke dalam group Fenox VC, dan hingga saat ini Playable Kids berhasil mendapatkan pelatihan dari GNB Accelerator dan memiliki gedung kantor di Gedung BTPN Cocowork Mega Kuningan. 

 

Bisnis yang ia lakoni tidak melulu lancar, Rifaldi pernah merasakan kehabisan modal hingga memutar haluan dengan mengubah fokus bisnis dari produksi animasi anak ke ranah animasi makanan dengan alasan modal yang lebih terjangkau. Melalui Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Bakrie, Rifaldi mendapatkan beberapa kali coaching yang melebarkan pengetahuan dasarnya tentang bisnis hingga mendapat dana hibah sebesar 322jt dari PPBT Ristekdikti 2017 berkat kegigihan bisnis yang ia kelola.

Jakarta, Universitas Bakrie memasuki usia 11 tahun tepat pada tanggal 20 September 2021 lalu. Perayaan ulang tahun secara virtual dengan tema  Collaboration to Level up the Impact juga dijadikan ajang penguatan kolaborasi antara kampus dan industri melalui penandatanganan MoU kerjasama dibidang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan 11 perusahaan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bakrie, yaitu: PT Petromine Energi Trading, PT Bumi Resources Minerals Tbk,  PT Kaltim Prima Coal, PT Energi Mega Persada, Minarak Brantas Gas Inc, PT Bakrie Capital Indonesia, PT. Bakrie Sumatera Plantations tbk, Bakrie Untuk Negeri, ANTV, VIVA, dan TVOne. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Pengurus Yayasan Pendidikan Bakrie, Perwakilan dari Kelompok Usaha Bakrie, beserta civitas akademika Universitas Bakrie.

 

 

Dalam usianya yang masih tergolong muda, Universitas Bakrie telah mengalami transformasi dan memainkan peran strategis untuk berkontribusi bagi masyarakat, terutama dalam menciptakan sumber daya manusia unggul. Universitas Bakrie yang kini menduduki posisi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik ke-2 di Indonesia, berdasarkan pemeringkatan Impact Ranking Times Higher Education 2021 telah melalui perjalanan panjang, yang juga ditandai dengan beberapa capaian lainnya, seperti terpilihnya Universitas Bakrie oleh Bappenas sebagai PTS pertama dalam program peningkatan gelar akademik bagi Aparatur sipil Negara, perolehan hibah International Credit Transfer dan hibah Kedaireka dari Dikti.

 

 

 

“Pencapaian tersebut tentunya tidak membuat Universitas Bakrie berpuas diri, terlebih tantangan kedepan membutuhkan sinergi dan kolaborasi antara universitas dan Kelompok Usaha Bakrie, dan juga solidaritas yang menjadi semangat dalam menjawab tantangan yang semakin kompleks” ucap Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, Rektor Universitas Bakrie dalam sambutannya.

 

 

 

 

Universitas Bakrie memiliki visi untuk menjadi “A globally recognized university through engagement with industries and experiential learning methods” sebagai Perguruan Tinggi yang lahir di tengah ekosistem industri, Universitas Bakrie terus berupaya menjawab kebutuhan dunia industri dan dalam kesempatan perayaan hari ulang tahun ini, Universitas Bakrie menyampaikan apresiasi mendalam bagi kolaborasi yang terjalin dengan Bakrie Swasakti Utama atas dukungan penyediaan fasilitas kampus, PT Kaltim Prima Coal yang mendukung pendirian Laboratorium Teknik Lingkungan. PT Bumi Resources Minerals, dalam pengembangan Laboratorium Teknik Sipil dan Teknik Industri, serta program internship Dosen.

 

 

TVOne pada kerjasama iklan Universitas Bakrie, serta pemberian beasiswa kepada para karyawan TVOne. ANTV dan Viva, yang selalu mendukung dalam kerjasama liputan media Universitas Bakrie, PT Energi Mega Persada untuk kolaborasi pengembangan empat desa wisata di Riau.  PT Bakrie Sumatera Plantations dan PT Provices Indonesia, atas dukungan dalam program pemanfaatan kepakaran dan training SDM. PT Bakrie Capital Indonesia, PT. Petromine Energy Trading, Minarak Brantas Gas Inc, dan PT Gaia Energi Baik, sebagai sponsorship pelaksanaan kegiatan Universitas Bakrie. Bakrie Untuk Negeri dan Bakrie Amanah dalam pengembangan beasiswa mahasiswa serta PT Bumi Resources dan Bakrie & Brothers atas dukungan dalam penyediaan praktisi dan ahli dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa.

 

Universitas Bakrie resmi teken kerjasama di bidang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan PT Bumi Resources Minerals pada Kamis, 9 September 2021. Penandatanganan yang dilakukan antara Rektor Universitas Bakrie Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M. Sc., Ph. D., IPU. dengan Direktur Utama PT Bumi Resources Minerals, Suseno Kramadibrata ini merupakan salah satu bagian dari perjalanan menuju 11 tahun Universitas Bakrie yang akan jatuh pada 20 September 2021 nanti. 

 

 

Kolaborasi ini membuahkan beberapa kesepakatan, diantaranya praktisi dari BRMS akan rutin memberikan kuliah tamu di Universitas Bakrie, kesempatan magang bagi Dosen serta peluang bagi mahasiswa untuk membuat penelitian tugas akhir di site BRMS. Direktur Utama PT Bumi Resources Minerals juga menyatakan bahwa pihaknya siap mengirimkan sample sumber daya yang berasal dari unit BRMS untuk di uji di laboratorium Universitas Bakrie.

 

 

Selain dengan BRMS, Universitas Bakrie akan membentuk kolaborasi bersama anak usaha dari Kelompok Usaha Bakrie lainnya, hal ini merupakan perwujudan dari semangat 11 tahun Universitas Bakrie yang mengusung tema “Collaboration to Level up the Impact”.

Perjalanan Universitas Bakrie akan terus berlanjut!

Di usianya yang akan menginjak 11 tahun tepat pada 20 September 2021 ini, Universitas Bakrie telah berhasil menduduki posisi ke-4 untuk Perguruan Tinggi Se-Indonesia dalam kriteria SDG-4 Quality Education, dan SDG-13 Climate Change yang membawa Universitas Bakrie sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik ke-1 di Jakarta dan ke-2 di Indonesia berdasarkan The Times Higher Education 2021.

 

 

Kerja keras seluruh civitas demi menuju tingkatan tersebut tidaklah singkat. Berikut merupakan highlight perjalanan Universitas Bakrie selama 11 tahun berkontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia.

 

Universitas Bakrie resmi membuka kegiatan U-Bakrie’s Week 2021 yang merupakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang akan diselenggarakan selama dua hari secara daring hingga 1 September 2021. Pada tahun ajaran 2021/2022 ini Universitas Bakrie menerima 1026 mahasiswa dengan rincian 725 mahasiswa program S1, 85 mahasiswa program S2, dan 216 mahasiswa program ekstensi. U-Bakrie’s Week 2021 diisi oleh sambutan Rektor Universitas Bakrie Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., IPU, Ketua Yayasan Pendidikan Bakrie Ibu Ike Nirwan Bakrie, dan keynote speech dari Asisten Sekretaris Umum Pemprov Jawa Barat, Dr. Dudi Sudrajat Abdurrachim, M.T.


Dalam pidato membuka agenda orientasi mahasiswa baru tersebut, Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., IPU menyatakan bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun ini menghadapkan berbagai sektor pada situasi anomali, tidak terkecuali perguruan tinggi. Pandemi yang menyebabkan banyak korban jiwa turut mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat, melihat kondisi tersebut Universitas Bakrie berusaha dengan optimal untuk berkontribusi dalam menjamin keberlanjutan pendidikan anak bangsa dengan meningkatkan beasiswa dan kebijakan pembayaran cicilan biaya kuliah.

 

 

 

Prof. Sofia berharap U-Bakrie’s Week 2021 ini menjadi langkah awal bagi para mahasiswa baru untuk menjadi generasi yang kreatif, memiliki semangat juang, serta skill kolaborasi yang tinggi dan sehingga adaptif dalam menghadapi era disrupsi teknologi dan berbagai tantangan dalam pandemi covid ini. “Untuk membentuk lulusan yang berdaya saing, Universitas Bakrie menerapkan metode experiental learning dan melibatkan peran aktif dari para akademisi, industri, pemerintah, hingga masyarakat sehingga mahasiswa bisa merasakan pengalaman belajar yang sesuai dengan perkembangan masa depan”. 

 

 

Tepat pada bulan September 2021 ini, Universitas Bakrie akan menginjak usia 11 tahun. Pada usia yang relatif muda, Universitas Bakrie melalui kerja keras berbagai pihak berhasil menduduki posisi ke-4 untuk Perguruan Tinggi Se-Indonesia dalam kriteria SDG-4 Quality Education, dan SDG-13 Climate Change yang membawa Universitas Bakrie sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik ke-1 di Jakarta dan ke-2 di Indonesia berdasarkan The Times Higher Education 2021.