Wawancara Pertama Dengan Pemenang PKM Bidang Kegiatan PKMM

Mahasiswa jurusan Sistem Informasi angkatan 2011 ini patut dibanggakan. Pasalnya, usulan Program Kreativitas Mahasiswa dengan judul “Penggunaan E-Learning Untuk Guru dan Siswa Tingkat SMP” mereka ini berhasil lolos dan menang dalam program yang diselenggarakan oleh DIKTI. Ditemui di sela-sela kuliah mereka, tim UBPreneur berkesempatan untuk mewawancarai kelompok yang diketuai oleh Yenni Yuliati ini.

 

Awalnya info program PKM ini mereka ketahui dari Ibu Wati (KAPRODI SIF) bahwa DIKTI akan mengadakan suatu event untuk Pengabdian  Masyarakat kemudian kelompok ini dibentuk oleh himpunan dan dari 6 kelompok yang dibentuk, kelompok yang beranggotakan 5 orang inilah (Yenni Yuliati, Irwanda Astrilia, Evilda Astriansa, Nur Safariah Zirun, Utomo Hendra Saputra) yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya.

Alasan mereka mengambil judul ini karena mereka menilai di sekolah – sekolah SMP yang general sekarang ini,sistemnya masih menggunakan system yang jadul. Mereka tidak ada e-learning, tidak ada komputerisasi dan masih menggunakan sistem yang ketinggalan jaman. “kami bermaksud membawa e-learning ke SMP untuk membantu mereka dalam artian bahwa, kapanpun, dimanapun, siapapun bisa menyerahkan tugas dengan mudah dan niatnya untuk bisa membantu  bukan hanya guru, siswa tetapi sekolahnya itu sendiri” tutur mereka.

Adanya manfaat pembelajaran e-learning  yang bisa didapatkan antara lain :

  • Sistem pembelajaran in dapat dilakukan setiap saat dan dimana saja dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet
  • Dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang karena sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet
  • Bertambahnya interaksi antara peserta didik dengan guru, dan mmepermudah penyimpanan materi pembelajaran
  • Mempermudah interaksi antar dan sesama siswa
  • Dapat menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan seperti tidak harus membeli buku karena materinya sudah dikemas dalam bentuk elektronik.

Pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan selama 4(empat) atau 5(lima) bulan. Selama waktu 2(dua) bulan, akan dimanfaatkan untuk mengunjungi SMP yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

Untuk sekarang ini mereka akan bekerjasama dengan SMPN 145 di Jln.Menteng Pulo Ujung, Setia Budi Jakarta Selatan. Karena SMP yang dipilih adalah SMP yang telah memiliki laboratorium komputer dan terkoneksi dengan jaringan internet tetapi belum memiliki e-learning.

Ke depannya mereka menuturkan tidak tahu pasti akan seperti apa, karena tetap tergantung dari DIKTI itu sendiri mengenai jadwal dan sebagainya. Yang pasti mereka mengaku sangat excited sekali untuk segera melaksanan program e-learning ini.