Field Visit Prodi TLK ke Puslitbang Permukiman Cileunyi

Jumat, 8 April 2016 Tim Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan (TLK) Universitas Bakrie berkesempatan untuk berkunjung ke kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbang Permukiman) yang sangat asri dan berkelanjutan di Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kunjungan ini memiliki tujuan utama untuk Kunjungan ini memiliki tujuan utama untuk meminta masukan terhadap konten kurikulum Prodi TLK dengan stakeholder, namun juga diharapkan bisa membuka kerja sama antara Prodi TLK dengan Puslitbang Pemukimanan di masa yang akan datang.
Apa itu Puslitbang Permukiman?
(http://puskim.pu.go.id/profil/)
Puslitbang Permukiman merupakan salah satu dari empat pusat litbang di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum, yang diarahkan untuk berperan sebagai the techno structure atau scientific backbone dalam merumuskan kebijakan penyelenggaraan infrastruktur di bidang permukiman.


Sebagai lembaga litbang, Pustlitbang Permukiman diharapkan mampu menghasilkan teknologi permukiman yang inovatif, aplikatif dan bermanfaat langsung bagi masyarakat melalui program-program litbang yang lebih diarahkan pada litbang terapan (80%), sedangkan selebihnya merupakan sains murni (20%).
Sejak berdirinya di tahun 1953 dengan nama Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan hingga saat ini, Puslitbang Permukinan telah banyak menghasilkan produk litbang berupa teknologi tepat guna serta standar, pedoman dan manual (SPM) bidang permukiman. Dengan produk teknologi terapan yang memiliki pangsa pasar yang luas, memungkinkan lembaga ini juga berperan sebagai katalisator penggerak dunia usaha industri konstruksi bidang permukiman melalui pemanfaatan teknologi hasil litbang.


Kunjungan kali ini sangat menyenangkan dan menambah wawasan. Banyak inspirasi teknologi terapan sederhana yang telah diterapkan di lingkungan Puslitbang yang tentu saja bisa diterapkan di rumah ataupun di kantor masing-masing, seperti reservoar penampung air hujan, biodigester, wetland, vermi-composting, dan lain-lain.
Terima kasih Puslitbang Permukiman smile emotikon