Internship in Environmental Engineering: Experience The Real Thing!

Sesuai dengan motto Universitas Bakrie “Experience The Real Thing”, para mahasiswa di Program Studi Teknik Lingkungan (Prodi TLK) merasakan dunia Teknik Lingkungan yang sesungguhnya lewat salah satu mata kuliah di Prodi TLK. Mata kuliah Kerja praktik (KP) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi TLK. Mata kuliah ini berlangsung selama dua bulan yang dilaksanakan di saat liburan pergantian semester 6 ke semester 7.

Tahun ini, mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah KP adalah mahasiswa angkatan 2013 dan sebagian mahasiwa angkatan 2012. Mereka berkesempatan berkegiatan dalam lingkungan kerja sebagai calon insinyur Teknik Lingkungan di berbagai perusahaan dan institusi, seperti:

1. JOB Pertamina Talisman Jambi Merang
2. PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore
3. PT. Pertamina Lubricants
4. PT. Pupuk Kalimantan Timur
5. PT. Pembangkit Listrik Jawa Bali
6. PD PAL Jaya
7. PDAM Kota Gorontalo
8. Perkebunan Nusantara VIII
9. UPT Pusat Higien Perusahaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
10. Kementerian Pekerjaan Umum
11. PT. Aneka Tambang

Pada bulan ini, para mahasiswa masih menjalani kegiatan KP di perusahaan dan institusinya masing-masing. Penasaran bagaimana mereka menjalani kegiatan KP? Simak testimoni para mahasiswa peserta mata kuliah KP di bawah ini.

Annisa (TLK 2013)

PT. Bukit Makmur Mandiri Utama

Saat ini saya sedang mengambil kegiatan Kerja Praktik di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama atau yang biasa disebut juga PT. BUMA. PT BUMA bergerak di bidang pertambangan batubara yang menerapkan Sistem K3LH-nya dengan baik. Untuk kesempatanan Kerja Praktik kali ini saya mengambil Judul “Pengololahan Limbah Cair”.

Kegiatan yang dilakukan sangat menyenangkan karena materi yang diperlukan tidak hanya disampaikan oleh pembimbing di ruangan saja. Namun juga banyak kegiatan yang penyampaian materinya langsung ke lapangan sambil melihat kegiatannya langsung pada area tambang. Limbah yang dihasilkan dari lapangan akan diolah di lapangan. Oleh karena itu, kegiatan yang saya lakukan memang banyak di lapangan untuk melihat, mempelajari, mengontrol, mengukur, dan masih banyak lainnya.

Nida Nafila (TLK 2013)
JOB Pertamina Talisman Jambi Merang

 

I am a student of environmental engineering in Universitas Bakrie who had the opportunity to do internship at the gas plant owned by JOB Pertamina Talisman Jambi Merang. I was placed in the department QHSSE and had a chance to learn the company management directly related to quality, health, safety, security, and environmental quality.

I am making the annual program (Rencana Kerja) and long-term programs (Rencana Strategis) for 3R principles of hazardous waste that is intended for submission PROPER based on the data I got on the field. I learnt so many things and also a lot of knowledge that has been learned as Environmental engineer can be applied.

An unforgettable incredible experience!

Ristianti Yuri R. (TLK 2013)
PT. Pembangkit Listrik Jawa Bali

Saya melakukan Kerja Praktik di PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa O&M Indramayu mengambil tema Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di PJB UBJOM Indramayu. Kerja Praktik disini terlebih dahulu akan diperkenalkan lokasi perusahaan, lalu diperkenalkan ke tempah Gudang Penyimpanan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Selain itu, saya mengikuti karyawan untuk inspeksi ke lapangan untuk memantau lingkungan kerja sekitar. Saya juga diperbolehkan untuk memberi label pada drum yang sudah terisi limbah B3. Pokoknya Kerja Praktik di Pembangkit Jawa Bali Bisnis Jasa O&M Indramayu menambah wawasan lebih luas di lapangan dan sangat menyenangkan.

Amalia Fitriani
PT. Pembangkit Listrik Jawa Bali

 

Saya berkesempatan untuk melakukan Kerja Praktik di PT PJB UBJ O&M PLTU Indramayu yang berlokasi di Desa Sumuradem Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu. Waktu pelaksanaan Kerja Praktik di PT PJB UBJ O&M PLTU Indramayu yaitu pada tanggal 13 Juli 2016 sampai dengan 13 September 2016. Tema yang saya ambil adalah Pengolahan Limbah Cair di PT PJB UBJ O&M PLTU Indramayu. Selama Kerja Praktik, saya melakukan sampling limbah cair dan pengecekan kualitas air limbah tersebut.

Sampling limbah cair dilakukan setiap hari untuk mengecek kualitas air limbah yang berasal dari air limbah desalinasi, domestik, waste water treatment dan air limbah kondensor. Sampling harian hanya untuk pengecekan debit, pH dan tempratur air limbah tersebut. Untuk memastikan kualitas air pada air limbah tersebut dilakukan pegecekan kualitas air mingguan untuk mengecek beberapa parameter agar sesuai dengan Baku Mutu yang telah ditentukan. Pengecekan kualitas air mingguan mengukur parameter-parameter seperti pH, suhu, konduktivitas, Fe, PO4-, Cl2, Cr, Cu, Zn, dan Mn.

Bona Mangampu Tua
PT. Pertamina Lubricants

Saya sedang menjalani Program Kerja Praktik dari mata kuliah yang diwajibkan pada semester 7. Saya mendapat kesempatan untuk Kerja Praktik di PT Pertamina Lubricants yang berada di Gedung OIL CENTRE Jl. M.H Thamrin Kav. 55 Jakarta. PT Pertamina Lubricants merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi oli pelumas milik pertamina. Saya mencoba mendalami aspek lingkungan yang ada di PT Pertamina Lubricants melalui implementasi dari Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh Pertamina Persero yang berpusat di Gambir (sebelah Monas). Selama kegiatan Kerja Praktik saya mempelajari berbagai macam jenis upaya atau inovasi yang dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants dalam menjaga kualitas lingkungan dan patuh terhadap peraturan dan saya juga berkesempatan mengikuti seminar dan workshop yang diadakan oleh PT Pertamina Persero, Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai pembuka wawasan. Untuk Produksi Unit atau site dari PT Pertamina Lubricants berada di Gresik (PUG), Cilacap (PUC), dan Jakarta (PUJ).

Saya berkesempatan untuk memperdalam ilmu ke Produksi Unit Gresik sebagai penutup di akhir saya melakukan Kerja Praktik. Kesempatan yang sangat berharga untuk Kerja Praktik merupakan hal yang memotivasi saya untuk ke depannya menjadi seorang engineer yang lebih baik terutama untuk inovasi lingkungan yang lebih baik berdasarkan isu lingkungan terkini.

 

Okto Hebrani (TLK 2012)
PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO)

PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) bergerak di bidang upstream yaitu eksplorasi dan pengolahan, kawasan sumur yang terletak di sebelah barat laut pulau Madura dengan platform di tengah laut. Hal ini menjadikan PT. Pertamina Hulu Energi West madura Offshore memiliki standar keamanan cukup tinggi. Berinteraksi dengan alat – alat berat dan berbahaya mengharuskan para pekerja tidak hanya memiliki kemampuan khusus terhadap alat yang digunakan tetapi juga kemampuan kesehatan dan keselamatan kerja yang tinggi dan sesuai standar dan kemampuan untuk bekerja di platform yang terletak di tengah laut tersebut.

Selain kesehatan dan keselamatan kerja yang memadai, PHE WMO juga memiliki standar ISO 14001:2015 yang memiliki arti bahwa PHE WMO peduli akan lingkungan, hal ini ditandai dengan pengecekan di waktu – waktu tertentu di sekitar platform, dari segi pencemaran air. PHE WMO juga tersertifikasi ISO 9001:2015 yang berarti bahwa mutu yang dihasilkan PHE WMO terjamin dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

PHE WMO selain menghasilkan minyak mentah (Crude Oil) yang kemudian dikirim menuju Onshore Receiving Facility (ORF) juga menghasilkan gas yang kemudian dikirimkan melalui pipa menuju ORF, yang kemudia dari ORF akan ditampung terlebih dahulu sebelum didistibusikan ke Refinery Unit (RU). Ada beberapa platform yang sudah tidak dioperasikan lagi, platform KE-2 FIELD yang terletak di utara pulau Madura sudah tidak digunakan lagi.

Kerja Praktik di PHE WMO sangatlah membuka wawasan saya mengenai Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) yang saya dalami. Hal ini tak luput dari pengaruh atmosfer kerja, sumber daya manusia dan fasilitas yang memadai. Standar SMK3 yang cukup tinggi membuat saya terus ingin mengasah kemampuan saya dalam SMK3.

Muhammad Heru P. (TLK 2013)
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo

 c

Ada hal yang menarik dari Kerja Praktik ini, yaitu lokasi Kerja Praktik ditentukan sendiri oleh mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah tersebut. Mahasiswa bisa memilih lokasi Kerja Praktik di dekat kampus, jauh dari kampus, di luar pulau, bahkan di kampung halaman sendiri (bagi anak rantauan). Saya sendiri memilih untuk melaksanakan Kerja Praktik di kampung halaman, yaitu di Gorontalo. Saya diterima untuk melaksanakan Kerja Praktik di PDAM Kota Gorontalo.

Dalam melaksanakan Kerja Praktik, saya melihat bagaimana korelasi antara teori yang dipelajari di belakang meja dan aplikasi sebenarnya di dunia kerja. Saya menyadari bahwa pentingnya bekal perkuliahan sebelum terjun langsung di lapangan. Topik kerja praktik yang saya ambil berkaitan dengan pengolahan air minum di PDAM tempat saya Kerja Praktik. Ada beberapa mata kuliah yang berkaitan erat dengan topik tersebut. Beruntung, karena telah menyelesaikan mata kuliah tersebut, saya bisa terbayang maksud dari teori yang diajarkan selama perkuliahan. Walaupun memang tidak seratus persen yang dipelajari di kelas akan didapati di lapangan. Tetapi, setidaknya ada bekal yang bisa dibawa sehingga tidak terlalu bingung saat pelaksanaan Kerja Praktik berlangsung.

 

Muhammad Rumi Iqbal (TLK 2013)
Kementerian Pekerjaan Umum

Tempat Kerja Praktik yang saya pilih adalah di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau yang biasa disingkat sebagai Kementrian PUPR. Di Kementerian ini saya mengambil tema Kerja Praktik tentang pengelolaan persampahan. Oleh karena itu, saya ditempatkan di Dirjen Cipta Karya, lebih tepatnya pada Direktorat PPLP.

Direktorat PPLP adalah direktorat yang menangani Persampahan. Namun, tidak hanya persampahan saja. Direktorat ini juga menangani Limbah Cair, Air Minum, dan Sanitasi. Di tempat saya Kerja Praktik ini, saya diajarkan beberapa hal yang tidak saya jumpai di saat saya sedang kuliah, seperti rumus-rumus untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan pengetahuan mengenai Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R dan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Saya tidak hanya KP di kantor saja, tetapi juga diajak ke luar kota. Saya juga diikutkan dalam rapat-rapatnya dengan konsultan dari dalam dan luar negeri, dan juga rapat dengan para marketing tetang persampahan dari luar negeri. Kerja Praktik di Kementerian PUPR sangat menyenangkan, terlebih para staf dan petinggi juga baik. Oleh karena itu, saya cukup betah untuk magang di institusi ini.

Abdullah M. Rahim (TLK 2013)
Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jakarta Raya (PD PAL Jaya)

Kerja Praktik di Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jakarta Raya (PD PAL Jaya) memberikan kesan yang bagus bagi saya. Mulai belajar merancang desain Inspection Chamber (IC), Rancangan Anggaran Biaya (RAB) hingga menangani sampel air limbah pelanggan. Selain itu, bagaimana cara menghadapi pelanggan mengenai mengurangi buang sampah ke kali/selokan rumah dengan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta memberikan saran alternatif untuk pencegahan tersumbatnya kali/selokan. Banyak potensi yang dapat dilakukan terutama untuk Teknik Lingkungan di PD PAL Jaya karena ruang lingkup pekerjaan termasuk proyek besar. Nilai-nilai yang diperoleh selama magang yakni mampu kerjasama tim, disiplin waktu, serta tanggung Jawab.

Arleen Maranatha (TLK 2013)
PT. Perkebunan Nusantara VIII

Kerja Praktik di PT. Perkebunan Nusantara VIII Kebun Rancabali memberikan banyak sekali ilmu pengetahuan kepada saya, terlebih pada bidang Pengendalian Lingkungan dalam mengatasi limbah yang di hasilkan. Perusahaan BUMN yang bergerak dominan di komoditas teh ini memberikan kesan yang membuat saya sempat terharu. Saya mendengar cerita pekerja kebun bahwa teh di Indonesia itu TIDAK DIHARGAI. Di toko-toko, teh bernilai jual bila telah ditambahkan gula atau es. Padahal, proses pembuatan segelas teh itu bisa memakan waktu 20 jam dari pertama kali dipetik hingga dapat di seduh dan dikonsumsi. Maka dari itu, cintailah dan hargailah produk Indonesia sebelum memilih produk asing dengan cara mempelajari proses yang terjadi di dalamnya.

 

Rabiyanti (TLK 2012)
PT. Aneka Tambang

 

Satu tahun lalu tepatnya 1 Juli 2015 tanpa diduga-duga saya dapat email balasan dari PT ANTAM Persero Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Tayan di Kalimantan Barat yang menyatakan bahwa saya diterima untuk Kerja Praktik. Salah satu visi dari perusahaan ini adalah “Beyond Expectation” yahhh seperti halnya juga dengan saya, mencoba mandiri mencari peluang untuk membuka jalan bagi angkatan Teknik Lingkungan selanjutnya. Kerja Praktik ini sih bisa dikatakan “Unforgetable moment, because I gained many experiences, more knowledge, and I had so much fun. I think the next student of Environmental Engineering Universitas Bakrie will get more experience than me, but remember you must have skill, don’t depend on other people, don’t underestimate your self, confidence to think out of the box and do your best.” Ketika saya baru saja menyelesaikan Tugas Akhir (TA), Pimpinan dari salah satu Departemen di PT ANTAM Persero Tbk. Beliau memberitahu apakah saya bersedia untuk ikut dalam tim penyusunan PROPER dari level BIRU Menjadi HIJAU and then finally I take for the the first job.

 Ivan Juliann Morell (TLK 2013)
PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang

 

 

Untuk pemenuhan syarat kelulusan mata kuliah TLK 312- Internship Environmental Engineering (Praktik Kerja Lapangan) saya memilih PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang sebagai lokasi saya menimba ilmu dan pengalaman. PT. Pupuk Kaltim merupakan perusahaan pengahasil pupuk urea terbesar se-Indonesia, disamping sebagai produsen amoniak dan pupuk NPK. Perusahaan yang berkomitmen dalam menjalankan sebuah industri yang ramah lingkungan ini telah meraih banyak penghargaan dalam bidang upaya pelestarian lingkungan, terbukti dengan diraihnya Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) peringkat Emas dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan peringkat Hijau skala nasional di tahun 2016.

Senang rasanya berkesempatan ditugaskan dalam Departemen Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (Dept. K3LH) di perusahaan ini. Ilmu yang didapatkan di perkuliahan sangat berguna dan membantu praktik yang dilakukan disini. Sejalan dengan telah diraihnya Proper Hijau tingkat nasional sebanyak 3 kali berturut-turut, sekarang PT. Pupuk Kaltim tengah mempersiapkan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan agar mereka dapat masuk dalam nominasi calon perusahaan peraih Proper Emas tingkat nasional. Saya ditugaskan untuk membantu mereka mengevaluasi Sistem Manajemen Lingkungan yang merupakan salah 1 dari 8 aspek yang masuk penilaian Proper. Tidak hanya itu, saya juga medapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman tentang pengolahan limbah, proses produksi urea, amoniak, dan unit-unit kerja lain.

Bapak-bapak dan ibu-ibu karyawan yang baik pun sabar senantiasa membimbing saya disini. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan disini team work, kedisiplinan, dan atmosfer lingkungan kerja menjadikan momen kali ini sekaligus mengubah pribadi saya menjadi lebih baik. Besar harapan di masa mendatang akan kembali kesini bukan sebagai “peserta Kerja Praktik” tetapi “kerja tetap sebagai karyawan.” Aamiin ?

 

Ikhsan Hanif (TLK 2012)
Pusat Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja DKI Jakarta

  

 

Memiliki kesempatan untuk melakukan Kerja Praktik di Pusat Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja DKI Jakarta merupakan salah satu kesempatan yang sangat berharga bagi saya. Disini saya banyak belajar bagaimana proses penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada suatu perusahaan industri maupun perkantoran. Bisa langsung terjun ke lapangan untuk dapat melakukan pengukuran kualitas lingkungan kerja adalah salah satu contoh dari sekian banyak pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan. Saya merasa semua teori yang saya dapatkan selama perkuliahan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja semakin lengkap dengan adanya Kerja Praktik ini.
Kurang dari satu bulan setelah Kerja Praktik saya selesai, tak disangka ternyata saya mendapat panggilan dari Pusat Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja DKI. Mereka menawarkan kontrak kerja kepada saya untuk ikut bergabung dengan Tim Analis Pengujian Kualitas Lingkungan Kerja dalam proyek tahunan yang dilaksakan Agustus hingga Oktober tahun ini. Dengan senang hati saya pun ikut bergabung dan menjalankan proyek tersebut sampai sekarang ini.