fbpx

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB) merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki fungsi organisasi yang menaungi seluruh Keluarga Mahasiswa Universitas Bakrie (KM-UB). Sebagai organisasi yang memiliki fungsi eksekutif, BEM-UB menjalankan setiap program kerja berdasarkan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) yang telah ditetapkan oleh Senat Mahasiswa Universitas Bakrie (SM-UB). Keberadaan BEM-UB diharapkan mampu memfasilitasi KM-UB untuk aktif berpartisipasi dan menyampaikan aspirasi dalam hal positif. Oleh karena itu, dalam meningkatkan fungsi BEM-UB, pengurus BEM-UB menyusun program kerja selama satu periode kedepan yang terangkum dalam proposal program kerja. Program kerja ini dirancang sejalan dengan visi dan misi BEM-UB dengan berlandaskan AD/ART Keluarga Mahasiswa Universitas Bakrie dan GBHK BEM-UB periode 2020/2021.

B. VISI
Terciptanya BEM-UB sebagai wadah yang aspiratif dan komunikatif serta menjadi fasilitator dalam pengembangan bidang akademik dan non akademik yang dapat memenuhi kebutuhan KM-UB..

C. MISI
Misi BEM-UB Periode 2020/2021 adalah:
Menciptakan lingkungan kerja internal yang suportif dan kolaboratif untuk mendukung tiap kerja individu yang dapat menunjang program kerja BEM-UB ;
Menjalin komunikasi yang transparan dan informatif;
Mengoptimalkan penyaluran potensi dari KM-UB.

D. STUKTUR ORGANISASI
Struktur kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie Periode 2020/2021.

BADAN PENGURUS INTI
Ketua: Bagus Abdul Razak
Wakil Ketua: Shafira Larasati Wibowo
Sekretaris I: Silva Septiyana
Sekretaris II: Gita Shavira Nendri
Bendahara I: Siti Asti Millenia

DEPARTEMEN
Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan
Kepala: Daffa Alfarizy Aditama
Sekretaris: Yovinka Ayu Rizqita Kusumadewi
Staff:
1. Defita Yulianasari
2. Mouran Faris Alkindi
3. Nada Athirah Aliati

Departemen Sumber Daya Mahasiswa
Kepala: Rizki Hakiki Zulkarnein
Sekretaris: Farhan Muhammad Thariq
Staff:
1. Muhammad Al Faruq
2. Nadinda Fidanty Galuh Firantika
3. Ninda Zahra

Departemen Komunikasi dan Informasi
Kepala: Andini Sophan Ditami
Sekretaris: Radinda Pramesti Putri
Staff:
1. Saskia Khalidea Miraj
2. Frederik Sebastian Umboh
3. Haekal Fajrul
4. Muhammad Febri

Departemen Kesejahteraan Masyarakat
Kepala: Nadila Afifah
Sekretaris: Regina Anthony Putri
Staff:
1.Muhammad Risyad Rahmadika
2. Muhammad Daffa Fachrur Reza
3. Putri Maulidiyah

Departemen Pengembangan Minat dan Bakat
Kepala: Fahmi Fauzi
Sekretaris: Mada Hayati Zainiyah
Staff:
1. Elan Dwiky Oktaviano
2. Marisa Agustriyani
3. Intan Dwi Cahya

Departemen Kaji Aksi Strategi
Kepala: Muhammad Fajri Abhirama
Sekretaris: Hanauri Tasya Aisah
Staff :
1. Annastasva Diva Safirotu Yuliana
2. Bagas Triasmoro

Departemen Kewirausahaan
Kepala: Mutia Seprina
Sekretaris: Legowo Ashabil Phil
Staff:
1. Ghina Salsabila
2. Maharani Nur Wijayanti

PROGRAM KERJA

DEPARTEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
Evaluasi 75 Hari Kerja
Evaluasi 75 hari kerja adalah forum internal BEM-UB Periode 2020/2021 berdasar penilaian KM-UB kepada BEM-UB dan suatu wadah untuk menilai kinerja setiap departemen dalam BEM-UB selama periode kepengurusan. Kinerja pengurus BEM-UB Periode 2020/2021 dinilai dari kuesioner yang telah disebar dan diisi oleh KM-UB beserta pengurus BEM-UB Periode 2020/2021.

Survei dan Aspirasi Warga (SIAGA)
Survei dan Aspirasi Warga (SIAGA) merupakan program kerja dari Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan BEM-UB Periode 2020/2021 yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepuasan Keluarga Mahasiswa Universitas Bakrie (KM-UB), juga sebagai perantara antara mahasiswa dan pihak kampus untuk menyampaikan aspirasi tersebut.

Mahasiswa Berprestasi Universitas Bakrie (Mapres UB)
Mahasiswa Berprestasi Universitas Bakrie atau Mapres UB 2021 merupakan sebuah ajang pemilihan mahasiswa/i Universitas Bakrie yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB) Periode 2020/2021, khususnya Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan. Kegiatan ini berupa kompetisi yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa/i Universitas Bakrie angkatan 2018, 2019, dan 2020 dengan membuat sebuah karya tulis kreatif.

 

DEPARTEMEN SUMBER DAYA MAHASISWA
Internal Sosftkill Training (INSTING)
INSTING atau Internal Softkill Training merupakan program kerja Departemen Sumber Daya Manusia BEM-UB periode 2020/2021 yang memusatkan kepada softkill dan kemampuan berorganisasi kepada pengurus BEM-UB 2020/2021. Tujuan dan harapan dari kegiatan ini adalah terbentuknya pengurus BEM-UB yang paham akan organisasi yang akan mereka jalani satu periode ke depan serta softskill yang mumpuni

Internal Eksekutif Mahasiswa (INTIM)
INTIM atau Internal Eksekutif Mahasiswa adalah program kerja fungsi dari deprtemen Sumber Daya Mahasiswa (SDM) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB) yang berguna untuk mempertemukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM-UB) dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). Suatu organisasi tidak dapat berjalan sendiri dalam artian membutuhkan organisasi lain untuk menjalankan program kerja serta fungsi dari organisasi itu sendiri. Maka dari itu INTIM dibuat untuk mempertemukan serta menjalin kerjasama antara BEM dengan HMPS Universitas Bakrie.

Kaderisasi Kaderisasi Calon Pengurus BEM-UB Periode 2021/2022
Kaderisasi merupakan proses pendidikan dan pembekalan yang diberikan kepada calon pengurus BEM-UB periode selanjutnya agar memiliki potensi unggul, sehingga akan melahirkan calon pengurus yang tangguh, berkualitas dan berkompeten guna melanjutkan kepengurusan BEM-UB dengan menanamkan nilai, komitmen, dan tanggung jawab.Suatu organisasi dikatakan berhasil apabila mampu meneruskan tongkat estafet kepengurusan organisasi pada orang-orang yang tepat setelah dilakukannya pembekalan. Untuk menentukan pilihan penerus periode selanjutnya dalam suatu organisasi, dibutuhkan proses dan konsep penyampaian yang baik dan matang oleh pengurus periode saat ini untuk menyampaikan nilai dan budaya organisasi tersebut kepada calon pengurus. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah kegiatan untuk mencari bibit-bibit unggul yang dapat meneruskan tongkat estafet kepengurusan BEM-UB pada setiap akhir tahun kepengurusan. Kegiatan kaderisasi merupakan serangkaian kegiatan guna memantau, menilai, dan menentukan instrumen kepemimpinan dan kepengurusan BEM-UB periode selanjutnya.

 

DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
3.1 Open House BEM-UB Periode 2020/2021

Dalam masa kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB)

periode 2020/2021, dirasa perlu untuk memberi informasi mengenai pengurus BEM-UB periode 2020/2021, fungsi, dan program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode kepada KM-UB. Oleh karena itu, perlu diadakan Open House BEM-UB Periode 2020/2021 dengan tema “Thrive On” menggambarkan adanya hal yang baru di tengah pandemi saat ini dalam kepengurusan BEM-UB Periode 2020/2021 sebagai media sosialisasi dan pengenalan kepada Keluarga Mahasiswa Universitas Bakrie.

Close HouseBEM-UB Periode 2020/2021
Selama satu periode kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie periode 2020/2021 akan ada pencapaian program kerja dan terlaksananya fungsi BEM-UB oleh pengurus. Oleh karena itu, perlu diselenggarakan Close House BEM-UB periode 2020/2021, yang berfungsi sebagai media penyampaian terima kasih kepada stakeholder yang telah membantu, sebagai wadah untuk meninjau ulang, memaparkan fungsi, dan program kerja BEM-UB periode 2020/2021 itu sendiri.

Pengelolaan Media Sosial dan Online Mading
Program pengelolaan media sosial dan Online Mading merupakan salah satu upaya publikasi kegiatan dan hal-hal yang bersangkutan dengan BEM-UB. Akun-akun ini merupakan media sosial seperti instagram, dan website, yang cakupan audiensnya merupakan Keluarga Mahasiswa Universitas Bakrie (KM-UB) dan publik di luar Universitas Bakrie. Di dalam akun media sosial tersebut terdapat berbagai macam berita yang berkaitan dengan BEM-UB. Setiap berita akan selalu di-update dan diperbaharui seiring berjalannya kegiatan. Berita yang di update bisa berupa informasi dari internal Universitas Bakrie maupun informasi dari eksternal Universitas Bakrie. Media sosial akan digunakan sebagai wadah penyampaian informasi kepada KM-UB dan eksternal serta dapat melibatkan KM-UB di dalamnya.

DEPARTEMEN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
Mengabdi Bersama KESMA
Mengabdi Bersama KESMA merupakan program kerja Departemen Kesejahteraan Masyarakat BEM-UB periode 2020/2021. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk langkah nyata sebagai mahasiswa untuk sadar terhadap masyarakat sekitar berupa pemberian edukasi pendidikan dan penyuluhan sumber daya. Dengan adanya kegiatan ini, kita selaku mahasiswa diharapkan mampu membiasakan diri untuk berbagi serta peduli terhadap sesama.

Quick Respond Team (QRT)
Penanggulungan bencana yang terjadi perlu diadakan secepat mungkin untuk menghindari dampak lebih parah akibat bencana yang terjadi. Guna membantu penanggulungan bencana ini, Departemen Kesejahteraan Masyarakat BEM-UB Periode 2020/2021 menyediakan fasilitas berupa Quick Respond Team yang nantinya akan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan memberikan respon cepat tanggap terhadap bencana. Adapun ruang lingkup yang menjadi fokus utama pelaksanaan Quick Respond Team ini adalah bencana alam, wabah virus serta isu-isu kesehatan yang sedang marak terjadi di JABODETABEK. Namun, bantuan akan disalurkan sekalipun itu diluar JABODETABEK.

 

DEPARTEMEN PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT
Liga Merah Maroon
Liga Merah Maroon (offline)
Liga Merah Maroon 2021 merupakan acara olahraga dan seni yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB) periode 2020/2021 khususnya Departemen Pengembangan Minat dan Bakat. Kegiatan ini berupa kompetisi olahraga dan seni yang di tujukan kepada mahasiswa internal Universitas Bakrie serta mahasiswa/i dan pelajar se-Jabodetabek sebagai bagian untuk memberikan ruang ekspresi dan pengembangan diri generasi muda. Pada Liga Merah Maroon 2020 akan dibagi ke dalam tiga rangkaian acara, yaitu pre-event, main event dan festival of ceremony. Rangkaian acara tersebut meliputi kegiatan internal dan eksternal. Penyelenggaraan kegiatan internal ditujukan bagi mahasiswa Universitas Bakrie agar dapat berkompetisi antar kontingen untuk menciptakan dan memelihara ikatan kekeluargaan yang erat antar mahasiswa Universitas Bakrie. Sedangkan, penyelenggaraan kegiatan eksternal merupakan langkah dari BEM-UB agar dapat memperkenalkan Universitas Bakrie melalui kompetisi olahraga dan seni serta menjalin relasi yang baik kepada perguruan tinggi lain dan SMA/K se-Jabodetabek.

Kamis Batik (MISTIK)
Kegiatan Kamis Batik (MISTIK) merupakan salah satu program kerja yang bertujuan untuk mendorong agar mahasiswa/i Universitas Bakrie agar mencintai budaya lokal yaitu Batik. Maka dari itu kami mengajak Mahasiswa/i untuk menggunakan pakaian atau barang lain yang bermotif batik dalam keseharian, diutamakan penggunaannya pada hari Kamis sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian Budaya.

Forum Revolusi UKMa
Departemen Pengembangan Minat dan Bakat merupakan sarana pemersatu kerjasama UKMa yang ada di Univeristas Bakrie dalam rangka mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/i Universitas Bakrie serta memberikan wadah dalam mengembangkan UKMa yang ada didalam kampus. Kegiatan ini merupakan salah satu fungsi dari Departemen Pengembangan Minat dan Bakat BEM-UB yang memiliki fungsi koordinatif UKMa melalui kegiatan non-event Revolusi UKMa.

 

DEPARTEMEN KAJI AKSI STRATEGI
Suar Aksara
Dalam masa kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB) periode 2020/2021, dirasa perlu untuk meningkatkan wawasan, dan pemikiran yang kritis terkait isu-isu internal kampus maupun isu-isu sosial pengurus BEM-UB, dan KM-UB. Suar Aksara juga merupakan proker yang memiliki tujuan untuk membumikan dan meningkatkan wawasan KM-UB terkait isu yang sedang hangat dilevel kampus maupun nasional. Isu-isu yang dibawa, disajikan dengan ramah dan dioptimalisasi agar mudah dipahami oleh KM-UB. Oleh karena itu, perlu diadakan program kerja Suar Aksara oleh Departemen Kaji Aksi Strategi BEM-UB Periode 2020/2021.

 

5.2. Ngobrol Aktivis (Bro&Sis)
Ngobrol bareng aktivitis adalah program kerja dimana departemen Kajian Aksi dan Strategi BEM-UB mengunjungi tokoh/instansi lain dengan tujuan menjalin silaturahim, memperluas sudut pandang, memperkaya data, dan memperkuat koneksi strategis. Dengan adanya pertemuan langsung atau kunjungan ke tokoh/instansi yang kompeten dibidangnya, akan sangat membantu departemen Kajian Aksi dan Startegi dalam menjalakan tugas dan tanggung jawabnya.

 

DEPARTEMEN KEWIRAUSAHAAN
ONEUB
ONEUB (Online Canteen Universitas Bakrie) merupakan kegiatan mencari dana alternatif untuk BEM-UB periode 2020/2021 yang dilaksanakan secara online penjualan produk BEM-UB kepada KM-UB yang dilakukan promosi secara online dan juga melalui kegiatan paid promote, melalui akun instagram semua anggota BEM-UB periode 2020/2021. Produk yang akan dijual yaitu gantungan kunci, stiker, totebag, dan nametag yang akan dipasarkan secara online melalui akun sosial media instagram pada official BEM-UB. Dan juga PDH (Pakaian Dinas Harian) pengurus BEM-UB. Pencantuman nama, logo atau simbol ini akan membantu dalam mempromosikan Universitas Bakrie melalui produk yang menggunakan atribut Universitas Bakrie.

 

 

  • Informasi Magang