fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Pada Jumat, 2 Oktober 2020 lalu, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie menyelenggarakan webinar yang bertemakan ‘Data Science for PR Professionals to Increase Boundary Spanning Skill: Make it Simple’ secara virtual melaui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung melalui YouTube Universitas Bakrie.

Kali ini Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mengundang Teguh Anantawikrama, Chief External Afffairs Officer ANTV dan Dr. James Bartle, Academic Director of Central Queensland University.

Dr. James Bartle, Academic Director of Central Queensland University memaparkan bahwa perusahaan harus memperhatikan aktivitas masyarakat yang saat ini sedang trend, seperti penggunaan teknologi dan aplikasi digital. Untuk menganalisis data, kita tidak boleh lagi hanya berfokus pada apa yang sudah kita dapatkan. James memberikan satu contoh mengenai kartu layanan perbankan. Perusahaan bank dapat mengolah data para pelanggannya, tetapi kurang memperhatikan pada masyarakat yang belum menjadi pelanggan. Menurutnya, perusahaan bank harus memperhatikan bagaimana caranya menarik potential customers.

”Perusahan bank perlu mengumpulkan data mengenai orang-orang yang belum menggunakan produknya, saat ini kita bisa dengan luas mendapatkan data dari percakapan ataupun opini masyarakat mengenai kartu layanan perbankan atau produk perbankan lainnya yang ditulis melalui media sosial ataupun media digital lain, sehingga kita bisa memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Teguh Anantawikrama, Chief External Afffairs Officer memberikan paparannya mengenai bagaimana berkomunikasi dalam menghadapi krisis. Menurutnya, berkomunikasi dengan publik adalah kunci untuk menghadapi krisis. Organisasi harus memberikan akses kepada publik untuk mengetahui klarifikasi ataupun bentuk tanggung jawab organisasi mengenai masalah terkait. Kemudian, penting untuk melakukan media monitoring, be familiar with media needs and deadlines, memilih single spokesperson dan membangun pusat informasi.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id