fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

 

Program Studi Ilmu Politik Universitas Bakrie mengadakan Guest Lecture yang bertemakan ‘Penggunaan Teori Hubungan Internasional dalam Analisis Politik Luar Negeri (Foreigners Policy Analysis)’ yang diadakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan langsung melalui YouTube Universitas Bakrie pada 5 November 2020 lalu.

Guest Lecture kali ini diisi oleh Mohammad Rosyidin, Penulis Buku Teori-teori Hubungan Internasional sekaligus Dosen Hubungan Internasional Universitas Diponegoro.

Dalam webinar kali, beliau memaparkan materi mengenai ‘Analisis Kebijakan Luar Negeri: Suatu Pengantar Praktis’. Terlebih dahulu beliau menjelaskan bahwa analisis bukanlah mendeskripsikan fenomena, melainkan mengurai atau memecah suatu masalah yang menjadi bagian-bagian kecil yang saling berhubungan. Sedangkan teori ialah suatu pernyataan umum yang menggambarkan suatu fenomena atau realitas.

Menurutnya, ada beberapa kriteria menganalisis yang baik. Yang pertama ialah memahami problematika kasus dengan jelas.

“Kriteria menganalisis yang baik yang pertama ialah Anda bisa merumuskan problematika dengan jelas, artinya Anda memahami pertanyaan yang ingin Anda jawab dalam suatu kasus, terutama pertanyaan yang sifatnya why,” ujarnya.

Selanjutnya, kriteria analisis yang baik ialah landasan teori yang relevan dan mengandung argumen yang testable and falsifiable, analisis yang tajam (data melimpah dan valis, mampu menunjukkan jalinan narasi yang koheren antara argumen dan data), serta ditulis dengan kaidah akademik yang terorganisir.

Guest Lecture yang dipandu oleh Muhammad Tri Andika Kurniawan, S.Sos, M.A., Dosen Program Studi Ilmu Politik sekaligus Wakil Rektor II Universitas Bakrie ini dihadiri pula oleh Aditya Batara Gunawan, S.Sos, M.Litt., Ketua Program Studi Ilmu Politik Universitas Bakrie dan juga mahasiswa-mahasiswi Prodi Ilmu Politik Universitas Bakrie.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id