LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Jakarta (19/2) – Bertempat di R.1-2, Universitas Bakrie mengadakan Seminar Internasional dengan tema “Sustainability Mindset” oleh Dr. Isabel Rimanoczy Ed.D yang juga merupakan penulis dari buku Big Bang Being: Developing the Sustainability Mindset, sebuah buku yang dapat mengubah pola berfikir manusia mengenai keberadaannya di dunia dan bagaimana berbagai pilihan yang dibuat oleh manusia secara individu secara tidak langsung dapat memberi dampak bagi keberlangsungan dunia.

Acara seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie, Tony Bambang Trihartanto, M.Sc., Ph.D. yang juga mengaku terinspirasi oleh buku beliau yang bisa membuka ‘mindset’ generasi muda untuk lebihaware terhadap lingkungan sekitar.


Dr. Isabel membuka seminar dengan pertanyaan ‘Mengapa Sustainibility Mindset menjadi penting?’ dengan suasana seminar yang sangat interaktif dan open discussion, acara seminar yang berlangsung selama dua jam ini menjadi tidak membosankan, audiens diajak untuk dapat mengungkapkan perasaan mereka  tidak hanya dengan logika mengenai perubahan dunia yang semakin agresif. Bahwa manusia harus menyadari, masing-masing individu berkontribusi berkontribusi terhadap ketidakseimbangan ekosistem di dunia, baik disengaja maupun tidak, dalam proses memenuhi kebutuhan hidupnya.


Pada akhirnya manusia dihadapkan oleh pertanyaan apa yang membuat mereka berada di dunia ini, apa sebenarnya tujuan kita lahir ke dunia, bahwa kita hanya bisa mengontrol sikap tetapi tidak bisa mengontrol perubahan dan bagaimana mengisi sesuatu yang kosong dalam hati kita, secara spiritual. Seminar ditutup dengan latihan untuk belajar merefleksikan diri kita dan cara kita berfikir dan bertingkah laku dalam menghadapi masalah sehari-hari, bahwa tidak ada jawaban yang benar dan salah, karena itu meruipakan pilihan yang yang kita buat sendiri dan pada akhirnya akan mempengaruhi dunia baik disengaja atau tidak.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id