LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Ardiansyah Ph.D, Ketua Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan berhasil meraih Poster Award di acara IUFoST (International Union of Food Science and Technology) yang diadakan di pada 23-27 Oktober 2018 di CIDCO Exhibition Center Mumbai, India.

International Union Food Science and Technology (IUFoST) merupakan organisasi global untuk ilmu pengetahuan dan teknologi pangan yang mewakili lebih dari 200.000 ilmuwan teknologi pangan dari 74 negara. Konferensi dunia ini diadakan dua tahun sekali yang mengumpulkan para ahli dibidang Ilmu dan Teknologi Pangan.  

Ardiansyah terlibat dalam konfrensi untuk menyampaikan presentasi juga poster dengan judul The Enhancement of Functional Properties of Indonesian Fermented Rice Bran. Latar belakang pada penelitian ini yaitu mengenai Rice bran atau bekatul adalah produk hasil samping dari penggilingan padi (beras pecah kulit menjadi beras putih/beras sosoh). Dalam studi penelitian ini Ardiansyah et al., ingin mengetahui sifat fungsional bekatul yang sudah di fermentasi (fermented rice bran, FRB). Melalui serangkaian pengujian diketahui bahwa FRB memiliki kandungan bahan aktif, aktivitas antioksidan, dan kemampuan menurunkan tekanan darah dan gula darah pada uji menggunakan tikus yang secara genetik mengalami hipertensi.

 

Pada konfrensi ini terdapat 11 kategori dimana Ardiansyah meraih Poster Award pada kategori Nutritional, Nutraceuticals, Functional Food and Tradional, Indigenous and Ethnic Food.

Kongres Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pangan Dunia IUFoST ke-19 dengan tema “25 Billion Meals A Day by 2025 with Healthy, Nutritious, Safe & Diverse Foods“ selama 5 hari yang akan menyatukan para peneliti, akademisi, profesional, pada bidang pangan dan gizi. Adapun beberapa ahli pangan dan gizi yang turut bergabung pada konferensi ini yakni pembuat kebijakan dan ilmuwan makanan dan industri persaudaraan untuk menutupi kemajuan terbaru dalam pemahaman kita tentang makanan dalam segala manifestasinya seperti keamanan pangan, peraturan, inovasi dalam pengolahan makanan, hygienic design and engineering, area terdepan dalam ilmu & teknologi pangan, produk makanan baru, pasar dan preferensi konsumen dan banyak lagi teknologi terkini di setiap sektor.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id