LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

 

 

Jakarta (3/7)-Universitas Bakrie bersinergi dengan Universitas Indonesia dalam hal peningkatan dan perbaikan kurikulum pembelajaran melalui sebuah acara ‘sharing session’ yang diinisiasi oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

dengan mengundang pembicara Kamarza Mulia, Ph.D., yang selain Pengajar di Departemen Teknik Kimia, Fakulltas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan sejak tahun 2000 menerapkan metode Problem Based Learning (PBL), beliau bersama rekannya Elsa Krisanti, Ph.D, yang juga Pengajar  di  Departemen  Teknik Kimia, Fakulltas Teknik  Universitas Indonesia (FTUI)` telah mendapatkan pelatihan dan hibah dari USAID, Amerika Serikat dalam  program Partnerships for  Enhanced  Engagement  in  Research  (PEER Science) untuk tahun 2013-2016 dalam riset mengenai penerapan metode PBL di perguruan tinggi Indonesia. Acara diskusi dihadiri oleh dosen dari berbagai program studi serta karyawan. Acara diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Bakrie Esa Haruman Wiraatmadja, Ir., M.Sc.Eng., Ph.D. 

Dalam acara sharing session ini peserta kembali diingatkan mengenai konsep Student-Centered Learning (SCL) yang merupakan inti dari Problem-Based Learning (PBL) dimana mahasiswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran di kelas dan dosen berperan lebih sebagai fasilitator. Dalam konsep pembelajaran berbasis PBL, mahasiswa diberikan kasus-kasus yang perlu untuk dianalisis dan dipecahkan serta dicarikan solusinya. Perbaikan kurikulum adalah proses siklik untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dimana profil lulusan yang diharapkan oleh stakeholders meliputi excellent communication and interpersonal skill, problem-solving skills, team leaders dan self-starters. 

Metode pembelajaran SCL seperti PBL mengintegrasikan usaha pencapaian learning outcomes (competencies, skills, attitudes) adalah driver kurikulum yang perlu diterapkan dengan seksama. Melalui acara diskusi ini diharapkan para dosen dapat menerapkan konsep pembelajaran PBL dengan lebih efektif. 

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id