Sidebar

Vision & Mission

Visi

  • Menjadi Program Studi S1 Ilmu Komunikasi unggulan yang responsif terhadap dinamika komunikasi terkini dan global, dengan mengedepankan experiential learning, optimalisasi penggunaan teknologi komunikasi, kreativitas, dan etik serta berkontribusi nyata kepada masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi berdasarkan standar tata kelola dan penjaminan mutu yang ditetapkan.
  2. Memasukkan pemahaman mengenai konsep komunikasi digital, komunikasi merek dan literasi media serta pengaplikasiannya dalam kurikulum operasional agar selaras dengan fenomena komunikasi terkini.
  3. Konsisten mengembangkan metode experiential learning yang mensinergikan teori dan praktek dalam proses pembelajaran dengan melibatkan pihak eksternal agar senantiasa relevan dengan perkembangan ilmu komunikasi dan kebutuhan industri yang terkait bidang komunikasi, khususnya komunikasi digital dan komunikasi merek.
  4. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa.
  5. Mengoptimalkan Laboratorium Ilmu Komunikasi sebagai sarana praktikum yang menunjang aplikasi teori dan konsep dalam perkuliahan, sekaligus sebagai sarana eksperimen yang menghasilkan ide-ide dan inovasi kreatif berbasis komunikasi digital dan pengaplikasian konsep komunikasi merek.
  6. Konsisten mengedepankan etika termasuk literasi digital dalam seluruh rangkaian proses belajar mengajar.
  7. Meningkatkan aktivitas dosen tetap untuk melakukan riset-riset komunikasi, dan mendiseminasikannya secara berkelanjutan baik secara mandiri maupun melalui kemitraan eksternal, termasuk riset mengenai komunikasi digital dan komunikasi merek, yang hasilnya dapat menjadi masukan bagi perkembangan ilmu komunikasi maupun bagi industri.
  8. Meningkatkan penggunaan kepakaran dosen tetap dalam bidang komunikasi, sebagai bentuk kontribusi aktif pengabdian kepada masyarakat.
  9. Meningkatkan kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri, institusi pemerintahan, industri, dan lembaga non profit untuk memperkuat eksistensi, perluasan jejaring dan kontribusi kepada masyarakat.

Tujuan Program Studi

  • Menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki sikap terbuka dan senantiasa tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu, teknologi dan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, terutama berkaitan dengan bidang komunikasi
  • Menghasilkan lulusan berkualitas yang menguasai dasar-dasar metodologi ilmu, sehingga mampu mengembangkan ilmu komunikasi dan bertindak sebagaimana layaknya intelektual
  • Menghasilkan lulusan berkualitas yang mempunyai keahlian dasar dalam memahami, menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah dalam wilayah keahlian ilmu komunikasi sesuai bidang peminatan komunikasi yang ditekuni
  • Menghasilkan karya inovatif dari hasil penelitian dan pemikiran (dalam bentuk metode-metode baru, teori, model maupun tools stratejik dan media baru) yang bermanfaat baik bagi kepentingan akademis, industri maupun masyarakat luas
  • Menghasilkan karya kreatif dalam bidang komunikasi yang dapat memberi nilai tambah (value added) bagi dunia industri dan kewirausahaan
  • Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk hidup lebih baik