fbpx

LPP | LPKM  |  LibraryUBpreneurUBCareer

 

ADMISSION

Universitas Bakrie welcomes applicants to register for the Academic Year 2020-2021

Register

 

Extension Program includes any study programs under Faculty of Economics and Social Sciences and Faculty of Engineering and Computer Science

Register

MAGISTER MANAJEMEN

MM Universitas Bakrie welcomes applicants every semester

Read More

 

 

Universitas Bakrie Accredited by BAN PT

Universitas Bakrie Accredited by BAN PT

One of Universitas Bakrie commitment is to enhance its quality includes its alumnae, Universitas Bakrie has achieved institution accreditation based on BAN PT decree no. 2672 / SK / BAN-PT / Akred / PT / XI / 2016 dated November 24, 2016; featured as most distinguished University in Kopertis III in 2013. Awarded as The Best School of Management 2015 according to SWA magazine. The Best Achiever Lecturer in Kopertis III, Communication Science Program,, Accountancy and Master of Management were accredited A

Universitas Bakrie simultaneously improves the quality of education in Indonesia

Universitas Bakrie simultaneously and continuously improves the quality of education in Indonesia carrying out Tridharma Perguruan Tinggi, Three Pillars of Higher Education comprising Education of education and teaching, research and development, and community service. More News

Masa Tunggu 0 Bulan dan Sudah Bekerja.

Lulusan Universitas Bakrie terserap dalam waktu 0 bulan di berbagai perusahaan bonafid di Indonesia dan Perusahaan Kelompok Usaha Bakrie.

Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa dengan Fasilitas yang Mumpuni

Kreativitas dan produktivitas mahasiswa sebagai bentuk pengembangan kompetensi hardskill dan softskill yang dimiliki oleh para mahasiswa membangun intelektualitas dan kreativitas

Kegiatan utama di LPP adalah mengelola kegiatan penelitian yang dilakukan para tenaga pendidik di berbagai bidang sesuai dengan keahliannya. Pengelolaan ini mencakup beberapa aspek yaitu pengelolaan penelitian tenaga pendidik yang didanai oleh LPP, pengelolaan penelitian tenaga pendidik yang dananya berasal dari berbagai instansi luar seperti Dikti (Hibah Penelitian) maupun penelitian yang menjadi bagian dari beban kerja dosen.

News

Greetings from Rector

Universitas Bakrie menerapkan metode “Experiential Learning”, yaitu sebuah metode pembelajaran di mana para mahasiswa merasakan pengalaman terjun langsung di dunia korporasi dan bisnis melalui “Real Cases and Real Practices in Real Business Environment”.

Jakarta-(23/05) Program studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie mengunjungi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini berlangsung untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas.

[hmyt width = "700" height="400"]https://www.youtube.com/watch?v=fqwHzyajB4I[/hmyt] 

Soal belajar tidak melulu di dalam ruangan, mahasiswa juga perlu mengeksplorasi cara belajar dengan suasana baru. Salah satunya dengan mengunjungi kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam kunjungan kali ini, mahasiswa teknik lingkungan mendapatkan materi baru mengenai “Pengelolaan Lingkungan dan Isu Lingkungan Terkini” Oleh Bapak Bapak Sigit Reliantoro selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL).

Pembahasan ini terkait Isu lingkungan di indonesia, sama halnya dengan isu lingkungan global pencemaran udara, krisis energi, krisis air, perubahan iklim, deforestrasi, kerusakan keanekaragaman hayati dan tata guna lahan, percemaran bahan beracun dan logam berat, pengelolaan sampah dan kerusakan serta pencemaran laut. adapun isu kerusakan ekosisistem gambut merupakan isu spesifik di indonesia.

Menurut salah satu ahli¸ Garrett Hardin mengungkapkan Isu lingkungan terjadi mengikuti pola the tragedy of the commons.

Pengelolaan lingkungan hidup secara konvensional dilakukan dengan pendekatan regulasi pemerintah dan mekanisme pasar. Trend juga menunjukkan pengelolaan berbasis masyarakat lokal lebih berhasil menjaga lingkungan hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Mengenai pembangunan berkelanjutan, Bapak Sigit juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut lebih menekankan pada penegakkan etika, regenerasi moral capital dibanding pendekatan teknis. Selain itu, perubahan perilaku kearah perilaku ramah lingkungan perlu dilakukan untuk mengatasi isu-isu lingkungan.

Pola pendekatan ini memerlukan pemimpin perubahan yang berpikir secara global namun bertindak secara lokal. Bapak Sigit juga menambahkan,”regenerasi pola etika, kemudian etikanya selalu diperbaiki dan kalau ada yang salah kita ada kapasitas untuk memperbaiki, nggak perlu jadi presiden tapi jika di lingkungan sekitar sudah menjadi champion-champion yah sebetulnya itu pemimpin sejati”.

Selain belajar masalah teknis, belajar untuk membuat pola pikir menjadi efisien dan menjadi lebih mudah dalam mencari solusi, akan tetapi yang lebih penting ketika belajar soft skill merupakan upaya bagaimana menjadi pemimpin di sekitar masyarakat.

 

Diakhir kegiatan Pak Sigit juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie yang ingin magang akan difasilitasi. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat memberikan peluang baik bagi mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie dalam menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

Kerjasama

Connect with us

Universitas Bakrie
Jl.H.R Rasuna Said Kav C-22, Kuningan Jakarta
(021) 526 1448 fax (021) 526 3191
0856 777 9945
www.bakrie.ac.id