The Development of Azerbsijan- Indonesia Diplomatic Relations”

Program Studi Ilmu Politik peminatan International Relations mengadakan guest lecture yang mengundang Counsellor/Deputy Chief of Mission of the Embassy of the Republic of Azerbaijan Mr.Ruslan Nasibov.

Hubungan antara Indonesia dan Azerbaijan adalah hubungan bilateral yang sangat dekat baik dari segi ekonomi, budaya dan pariwisata, melalui kedutaan Indonesia di Baku. Pada tahun 2012, Universitas Bahasa Azerbaijan (AUL) membentuk Pusat Studi Indonesia yang mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia untuk para mahasiswa Azerbaijan. Pada bulan April 2012, Pusat Studi Indonesia di AUL bekerjasama dengan kedutaan besar Indonesia di Baku mengadakan loka karya dan pameran batik.

Sementara itu potensi kerjasama yang dapat digarap antara Indonesia dengan Azerbaijan adalah di bidang minyak dan gas mengingat Azerbaijan kaya akan kedua sumber daya alam tersebut sama seperti Indonesia. Hubungan ekonomi antara Azerbaijan dan Indonesia sangat baik. Hubungan politik berkembang berdasarkan prinsip persaudaraan dan saling mendukung. Indonesia mengakui integritas dan kedaulatan wilayah Azerbaijan, begitu juga sebaliknya.

Mahasiswa banyak bertanya mengenai pandangan Mr.Ruslan Nasibov, ternyata Azerbaijan dan Indonesia memiliki pandangan politik yang sama mengenai banyak isu internasional seperti pluralisme, terorisme, demokrasi, perdamaian dan toleransi. Keduanya adalah anggota aktif OKI, PBB dan Gerakan Non-Blok.