Hukum dan Pembangunan Demokrasi di Indonesia oleh Ketua Komisi III DPR RI

Departemen Ilmu Politik Universitas Bakrie kembali mengadakan Diplomatic Stage yang mengundang M. Aziz Syamsuddin, S.E.,S.H.,MAF.,M.H, Ketua Komisi III DPR RI yang membahas mengenai Hukum dan Pembangunan Demokrasi di Indonesia pada Rabu (15/11/2017). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Ilmu Politik Universitas Bakrie dengan konsentrasi jurusan Hubungan Internasional dan Public Policy.


Berbicara mengenai demokrasi, Indonesia sebagai negara demokrasi dalam melaksanakan kekuasaan yang bersifat demokratis mengelurakan produk proses politik berupa aturan hukum. Demokrasi itu sendiri ditandai dengan adanya pembagian kekuasaan, karena kekuasaan yang terpusat adalah jenis pemerintahan yang umumnya merupakan diktatorian atau monarkhi. Aristoteles dalam bukunya yang berjudul “Politics” serta Montesqieu membagi pemerintahan dalam berbagai cabang pemerintahan. Pembagian pemerintahan yang palin umum dikenal adalah Trias Politica, dinama kekuasaan dibagi menjadi Eksekutif, Legislatif, dan Judikatif.

Pada kegiatan ini, M. Aziz Syamsuddin, S.E.,S.H.,MAF.,M.H pun menekankan bahwa apa yang sudah dipelajari di perkuliahan akan berbeda dengan dikenyataan nantinya. “ Tidak 100% teori eligible pada dunia nyata yang terpenting adalah bagaimana kita harus bisa how to solve the problem. Cara berpikir kita harus dengan cara sistematis, efisien, dan efektif dalam mengukur kebijakan.” Ujar M. Aziz Syamsuddin, S.E.,S.H.,MAF.,M.H.


Pada Diplomatic Stage kali ini banyak mahasiswa yang antusias dengan kegiatan ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya kepada Pak M. Aziz Syamsuddin. Beliau selain menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI, juga menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran DPR RI yang mengurusi segala anggaran yang akan digunakan oleh kementerian/lembaga yang ada di Indonesia dari APBN.