fbpx

Pada tahun ini, beberapa mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Manajemen, Universitas Bakrie, Salah satu kampus terbaik di jakarta selatan

mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengalaman menjadi petugas pelaksana Sensus Pajak Nasional (SPN) Non PNS yang didukung oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan (Kanwil DJP Jakarta Selatan). Kegiatan sensus yang mengikutsertakan peran mahasiswa dalam

menghimpun data para subyek wajib pajak yang terdiri atas badan usaha maupun pribadi, merupakan salah satu tugas negara yang mempunyai dasar hukum Peraturan Menteri Keuangan Nomor 149/PMK.03/2011 tentang Sensus Pajak Nasional.

Keikutsertaan mahasiswa Universitas Bakrie khususnya mahasiswa Prodi Akuntansi ini tidak lain merupakan salah satu program kerjasama antara Tax Center Universitas Bakrie dengan Direktorat Jenderal Pajak. Keikutsertaan mahasiswa Universitas Bakrie ini mempunyai tujuan agar menghidupkan Tax Center yang telah diresmikan di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan yang berjumlah tujuh Tax Center. Selain itu, peran serta mahasiswa dalam kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan pengetahuan dan rasa kepercayaan mahasiswa terhadap sistem perpajakan di Indonesia. Lebih jauh, mahasiswa juga diharapkan mampu membantu masyarakat dalam memahami pentingnya membayar pajak, sehingga masyarakat tidak terjerumus dengan pikiran-pikiran yang kurang baik dengan pajak di Indonesia seperti saat ini.

Perekrutan petugas pelaksana SPN di Universitas Bakrie telah dilaksanakan pada awal bulan Juni lalu dan meloloskan 27 orang mahasiswanya. Dua dari 27 petugas SPN tersebut adalah mahasiswi Prodi Manajemen 2011, sedangkan sisanya terdiri atas mahasiswa/i Prodi Akuntansi angkatan 2009, 2010, dan 2011. Setelah melalui proses perekrutan yang meliputi seleksi administrasi dan wawancara, mereka kemudian mengikuti acara sosialisasi Sensus Pajak Nasional dan Penyerahan Petugas Pelaksana Sensus Non PNS pada hari Kamis (21/06) di aula Gedung A Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak yang dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Jakarta Selatan, Pandu Bastari dan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Dedi Rudaedi.

Para petugas pelaksana Sensus Pajak Nasional Non PNS wilayah Jakarta Selatan yang berjumlah 142 mahasiswa berasal dari Universitas Bakrie, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Univesitas Pembangunan Nasional, dan Universitas Satya Negara Indonesia. Mereka kemudian akan bekerja selama bulan Juli 2012 sampai September 2012 yang dibagi di tiga belas Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan. Seluruh KPP di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan diharapkan mampu memanfaatkan bantuan para mahasiswa ini menjadi sumber daya yang dapat memenuhi target pengumpulan 143 ribu lembar Formulir Isian Sensus (FIS).

Sebelum terjun ke lapangan yang terdapat sentra-sentra bisnis yang belum terdaftar, high rise building dan objek potensial lainnya, para petugas pelaksana perlu mendapatkan bimbingan dan pelatihan yang cukup untuk pelaksanaan tugas dalam mendampingi petugas sensus pajak di lapangan. Kanwil DJP Jakarta Selatan mengharapkan sinergi antara petugas pajak dan mahasiswa ini menjadi awal yang mendukung keberhasilan sensus pajak di wilayah Kanwil DJP Jakarta Selatan. Selamat menyukseskan Sensus Pajak Nasional 2012, para petugas SPN Non PNS dari Unversitas Bakrie.

Sumber: Berita Ritma http://berita.ritma.org/?p=715