fbpx

Pada hari Selasa, 7 Mei 2019 dilakukan kegiatan demonstrasi alat filtrasi di mata kuliah Daur Ulang Limbah di ruangan Laboratorium Kimia Universitas Bakrie. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Prodi Teknik Lingkungan untuk mengimplementasikan "Experience The Real Things"

di kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa/i peserta mata kuliah lain di Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie.

Dalam kegiatan ini terdapat 2 kelompok yang mendemonstrasikan produk rancangan alat filtrasi yang menggunakan bahan media filter bekas. Media filter yang digunakan yaitu pasir, pecahan kaca, pecahan genteng, batu kerikil, ijuk, dll. Peserta mata kuliah juga menggunakan bahan bekas seperti galon dan toples ukuran besar untuk menampung media filternya. Limbah cair yang difiltrasi merupakan limbah artifisial yang berasal dari campuran air dengan tanah. Setelah melewati media filtrasi, limbah cair, kualitas air menjadi lebih baik yang ditandai oleh konsentrasi Total Suspended Solid (TSS) yang menjadi lebih kecil. . Dari kegiatan demonstrasi tersebut, dapat disimpulkan barang-barang daur ulang yang ada di lingkungan dapat dibuat alat filtrasi sederhana untuk menjernihkan air yang keruh menjadi lebih jernih sehingga dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk keperluan lain. . Semoga ilmu yang didapatkan dari kegiatan demonstrasi ini dapat diterapkan oleh semua mahasiswa/i Teknik Lingkungan Universitas Bakrie.