fbpx

Anon Kuswardono menamatkan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Gadjah Mada, kemudian melanjutkan ke Nottingham University, Inggris dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA) bidang Manajemen pada 1994.

Read more ...

Muchsin Saggaff Shihab meraih gelar Master of Science (M.Sc) dalam bidang Regional Planning pada 1992 dan Master of Businesss Administration (MBA) pada 1997 di Asian Institute of Technology (AIT), Bangkok, Thailand serta gelar Ph.D dalam bidang Pemasaran Internasional di Department of Management Studies, Indian Institute of Technology (IIT), Delhi, India.

Read more ...

Tri menyelesaikan pendidikan S1 dari Jurusan Manajemen Hutan (Silvikultur), Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor pada 1988. Setelah itu Tri memilih bidang administrasi bisnis dengan mengikuti program Wijawiyata Manajemen (S2) di Sekolah Tinggi Manajemen PPM (Pendidikan dan Pembinaan Manajemen), Jakarta. Sejalan dengan karirnya di bidang akademik dan pengembangan manajer di Indonesia di institusi manajemen tertua di Indonesia tersebut, Tri memperdalam ilmu manajemen pemasaran di Department of Marketing, University of Strathclyde, Glasgow, Inggris Raya dan memperoleh gelas MSc in international marketing pada 1997. Tantangan di bidang riset membuatnya tertarik untuk menekuni pendidikan doktoral di bidang bisnis internasional di Department of Marketing, Monash University, Melbourne, Australia yang diselesaikannya pada 2004.

Sekembalinya dari Melbourne, Tri bergabung dengan the SMERU Research Institute, suatu lembaga penelitian sosial ekonomi yang didanai oleh Ford Foundation. Di samping itu Tri juga berkarir di Swiss German University, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sebelum bergabung dengan Universitas Bakrie pada 2007. Di Universitas Bakrie, Tri pernah menjadi Ketua Lembaga Penelitian sampai 2012. Berbagai dana penelitian dan pengabdian masyarakat telah diterima, baik dari lembaga atau institusi nasional maupun asing untuk meneliti internasionalisasi, kewirausahaan dan UKM, dan mempromosikan bidang-bidang tersebut di Indonesia. Selain itu Tri juga menekuni riset di bidang pengembangan usaha rumput laut yang membuatnya memimpin pengelolaan the 21st International Seaweed Symposium, sebuah ajang pertemuan ilmiah dan bisnis berskala dunia yang telah dilaksanakan sejak 1952 di Edinburgh, dan baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia pada 2012, di Bali. Pengetahuannya di bidang kehutanan dan bisnis, membawanya kembali untuk membantu almamaternya di Fakultas Kehutanan IPB di bidang biodiversity marketing and biodiversity valuation. Sejak 2010, Tri menjadi regional editor Journal of Family Business Management dari Emerald Group Publishing.

Urip Sedyowidodo, Alumni S1 Teknik dari ITB dan lulus pendidikan pasca sarjana S2 dan S3 di UNPAD dalam bidang Studi Manajemen Strategi khususnya bidang ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP. Berpengalaman sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta. Dia dikenal juga sebagai praktisi yang piawai dalam bidang Human Resources Management dan berpengalaman 30 tahun pada tingkat eksekutif di berbagai Industri mencakup Manufaktur, Perbankan, Asuransi, dan Perdagangan Elektronika serta Consumer Goods, baik Perusahaan Domestik maupun Multinasional. 

Dia pernah bergabung di perusahaan seperti: INDOSAT, ASTRA, SONY, Asuransi ROYAL SUN ALLIANCE, dan CERES. Pengalamannya dikenal luas di kalangan Komunitas HRD Indonesia dan Regional, memiliki beberapa sertifikasi keahlian sebagai Soft Skill Assessor, Handwriting Analyst, Certified Behavior Assessor, Leadership Coach & Hypnotherapist, Industrial Relations dan Balanced Scorecard Certification. Komunitas HR Indonesia yang dibinanya mencakup anggota 20.000 orang, sehingga dia dikenal sebagai seorang HR-otivator.

Masternya di bidang Entrepreneurial Leadership dari Universitas Padjadjaran, membuatnya semakin memperkaya ketrampilannya dan banyak diminta sebagai nara sumber sebagai spesialis di bidang Assessmen Potensi Individu dan Pengembangan SDM serta Strategi Organisasi.

Mata kuliah dan kajian minatnya mencakup: Human Resources Management, Strategic Management, Entrepreneurship, Leadership. Dalam meniti bidang minat dan keahliannya dia menuju berprofesi sebagai Executive Coach.

Karena kepiawaiannya dalam bidang HR Management, Behavior Assesment and Industrial Relations, Urip dipercaya bergabung di Kelompok Bakrie sebagai Direktur Bakrie Learning Centre. Depnaker memanggilnya sebagai staff Ahli dengan SK Mennakertrans Republik Indonesia dipercaya sebagai anggota ahli DPKN (Dewan Pelatihan Kerja Nasional) yang berperan membantu Menakertrans RI dalam mempersiapkan kebijakan Pemerintah di bidang Pengembangan SDM Nasional.

APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) menunjuknya sebagai pengurus dalam bidang Pengembangan Organisasi dan Manajemen. Sedangkan keahliannya telah teruji dalam membantu banyak perusahaan Swasta Nasional/Asing, BUMN, maupun PERUM, dan juga Perguruan Tinggi dalam Sistem Pengembangan SDM dan Organisasi.

Berbagai Kementerian dan Lembaga Negara menungaskannya sebagai Narasumber dalam berbagai proyek dan workshop.

Publikasi Ilmiah:

  1. “Analisa Perilaku inovatif Terhadap Kinerja SDM dengan Pendekatan HR Scorecard”,Quality (Jurnal Manajemen dan Akuntansi untuk meningkatkan Kualitas SDM), Vol. IV, No. 16, Oktober 2014, ISSN 2087-0000.
  2. “Entrepreneurial Leadership Roles In Promoting Entrepreneurship, Team Creativity, And New Venture Performance In Indonesian’s SME Start-Ups”, Global Advanced Research Conference on Management and Business Studies (Garcombs) 2015.
  3. “Entrepreneurial Orientation and Business Performance: The Mediating Role of Organizational Learning and Innovation in State Owned Enterprise (SOE) in Indonesia”,1st
    International Conference on“Interdisciplinary Academic Research and Innovation (IARINovember 23-24,2016)” at Bandung, Indonesia, published with ISBN (978-969-9948-78-7), 2016.
  4. “Strategy for Increasing Performance through Organizational Learning and Innovation in State Owned Enterprise (SOE) in Indonesia”, The Second International Research Conference on Management and Business (2nd IRCMB), July 29th, 2017, Bandung, published with ISSN 2053-3131

Asosiasi Profesi & Aktifitas Nasional untuk Indonesia

  1. Ditunjukan Oleh Kementerian Tenaga Kerja sebagai tenaga Ahli DPKN (Dewan Pelatihan Kerja Nasional), Untuk pembantu Meteri Tenaga Kerja salam merumuskan kebijakan Pemerintah di bidang Pengembangan SDM Nasional.
  2. Pengurus Nasional DPN APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), dalam bidang pengembangan Anggota dan Organisasi.
  3. Anggota AADB (Asosiasi Akademisi Pendampig Desa dan BUMDES)
  4. Anggota PII (Persatuan Insinyur Indonesia), salam pengabdian dan penugasan Pengembangan Industri Indonesia
  5. Pendiri dan Aggota KELAPA (Komunitas Pendamping Desa) Indonesia, mengabdi dalam penerapan TTG (Teknologi Tepat Guna) bidang EBT (Energi Baru dan Terbarukan)

Taufiq Amir memperoleh gelar Magister Manajemen dari PPM Graduate School of Management pada tahun 1996. Setelah itu, ia berkarier sebagai profesional dalam bidang Business Development di berbagai industri selama 7 tahun, sambil mengajar paruh waktu di beberapa sekolah bisnis di Jakarta.

Read more ...