Lulusan Program Studi Manajemen memiliki peluang karir yang luas. Berbagai pilihan peluang karir yang tersedia untuk lulusan program studi Manajemen antara lain:

Fungsi Pemasaran (Marketing)

  1. Melakukan analisa peluang bisnis dan perilaku konsumen terhadap peminatan produk
  2. Menganalisa kesesuaian desain produk dengan peminatan konsumen
  3. Menganalisa kesesuaian harga produk dengan target perusahaan
  4. Menganalisa dan mendesain program promosi produk kepada konsumen
  5. Menganalisa dan menetapkan rantai distribusi produk hingga sampai ke konsumen

 Bidang Fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Fungsi Sumberdaya Manusia (Human Resource)

  1. Mengelola kebutuhan sumberdaya manusia perusahaan (dimulai dari menganalisa beban kerja, mendesain system kerja, merancang key performance indicators,
  2. melakukan perekrutan karyawan dan menyeleksi kandidat karyawan untuk diterima kerja)
  3. Memetakan kompetensi sumberdaya manusia perusahaan
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia perusahaan
  5. Mengatur dan merancang kebijakan kompensasi (moneter dan non-moneter) untuk karyawan
  6. Mengevaluasi kinerja karyawan
  7. Menjalin hubungan baik dan merancang kebijakan terkait dengan hubungan industri

Bidang fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Fungsi Keuangan (Financial)

  1. Mengelola dan mengontrol alur keuangan perusahaan
  2. Menganalisa tingkat kesehatan keuangan perusahaan
  3. Memberikan arahan dan merancang kebijakan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan
  4. Mengevaluasi kinerja perusahaan dari aspek profitability nya.
  5. Melakukan pemeriksaan anggaran dan pengeluaran perusahaan

Bidang fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Fungsi Operasi (Operation/Project)

  1. Merancang sistem operasional dan prosedur kerja perusahaan
  2. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan operasional dan prosedur kerja
  3. Mengelola pelaksanaan proyek jangka pendek/menengah/panjang
  4. Mendesain pelatihan prosedur kerja
  5. Memantau prosedur kualitas kerja

Bidang fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Program studi manajemen adalah ilmu yang menggunakan pendekatan secara sosial dan saintifik. Secara umum program studi manajemen dikelompokkan ke dalam kelompok IPS, tetapi pendekatan yang digunakan banyak yang bersifat saintifik. Ilmu manajeman adalah ilmu pengelolaan. Manajemen pemasaran berarti bagaimana mengelola customer beserta dengan saluran-saluran distribusinya. Manajemen keuangan berarti bagaimana mengelola keuangan sehingga berhasil meraih tujuan-tujuan keuangan yang telah ditetapkan, dan masih banyak contoh manajemen yang lainnya.

Program Studi Manajemen menghasilkan Sarjana Ekonomi yang mampu membangun sikap yang seharusnya dimiliki oleh ilmuwan, memiliki konsep/teori dan perangkat analisis yang dibutuhkan untuk manajemen bisnis dan merumuskan pendekatan-pendekatan pemecahannya pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.

Oleh karena itu para mahasiswa yang memilih Program Studi Manajemen akan difokuskan untuk memilih salah satu dari empat konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Manajemen Keuangan Bisnis, Manajemen Pemasaran Bisnis, Business Human Capital dan Business Supply Chain dimana setiap konsentrasi  memiliki keunikan dengan konsentrasi lainnya.

Manajemen Keuangan Bisnis

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang keuangan yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang corporate finance dan capital market. Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain:

1.Bidang Manajerial yaitu sebagai analis keuangan; analis penganggaran modal; analisa keuangan proyek, analis kredit, pengelolaan kas, perencana dan pengelolaan dana pensiun, pengelolaan foreign exchange, dan sebagainya.

2.Bidang Jasa yaitu sebagai perbankan (bagian kredit dan pengelolaan Bank); Perencana keuangan; pialang; analisis sekuritas; bankir investasi; manajer portopolio.

Manajemen Pemasaran Bisnis

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang pemasaran yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang pemasaran dan bagaimana memberikan value yang tinggi kepada konsumen. Mempersiapkan peserta program untuk mampu melakukan analisis, diagnosa yang mendalam terhadap pemecahan masalah dan kasus-kasus pemasaran dalam bisnis melalui persuasi dan komunikasi pemasaran secara terpadu dan efektif (integrated marketing communication). Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain: analis brand, analis produk, konsultan riset pemasatan, analis distribusi, manajer pemasaran, manajer iklan, manajer produk, manajer distribusi, perencana pemasaran dan lain-lain.

Business Human Capital

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang human capital yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang hubungan industrial dan strategi human capital. Konsetrasi ini mempersiapkan peserta program untuk mampu melakukan analisis, diagnosa yang mendalam terhadap pemecahan masalah dan kasus-kasus human capital dalam bisnis. Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain: Perencana dan atau Analis Rekrutmen dan Pengembangan SDM, Kepala Divisi Pemberdayaan, Remunerasi dan Kesejahteraan SDM, Kepala  Kerumahtanggaan SDM , Manajer SDM, konsultan hubungan industrial dan lain-lain.

Business Operation

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang produksi / operasional bisnis yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang supply chain dan logistic. Mempersiapkan peserta program untuk mampu melakukan analisis, diagnosa yang mendalam terhadap pemecahan masalah dan kasus-kasus pelaksanaan operasi dan produksi dalam bisnis. Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain: manajer supply chain dan logistic; supervisor logistik, perencana supply chain dan logistic, perencana proses manajemen dan lain-lain.

Inilah enam alasan utama mengapa harus memilih Program Studi Manajemen Universitas Bakrie:

1.Program Studi Tertua di Universitas Bakrie

Program studi  manajemen merupakan program studi pertama saat masih bernama Bakrie School of  Management (BSM) yang didirikan pada tahun 2006. Program studi manajemen sendiri telah meluluskan sebanyak 5 angkatan di Universitas Bakrie selama masa berdirinya hingga tahun 2015.

2.Memiliki Akreditasi “B”

Akreditasi menjadi pertimbangan setiap orang tua siswa maupun siswa itu sendiri untuk memilih perguruan tinggi sebagai studi lanjutan. Program studi manajemen Universitas Bakrie memperoleh akreditasi peringkat B yang berlaku sampai bulan Februari 2016. SaatinisedangberprosesuntukmendapatkanakreditasiA.Data ini berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 044/BAN-PT/Ak-XIII/S1/II/2011.

3.Program studi Terfavorit di Universitas Bakrie

Program studi manajemen saat ini adalah program studi terfavorit di Universitas Bakrie, ini dibuktikandengan jumlah mahasiswa program studi manajemen angkatan 2014 merupakan jumlah mahasiswa terbanyak di Universitas Bakrie pada angkatan 2014.

4.Kualitas Dosen yang Terjamin

Program studi manajemen memiliki  dosen-dosen  kualifikasi S2 dan S3 lulusan dalam dan luar negeri dengan tingkat kompetensi yang sangat tinggi, yang berpengalaman baik dalam hal teori maupun praktek sesuai bidang keahliannya masing-masing.

5.Meraih Banyak Prestasi untuk Universitas Bakrie

Mahasiswa program studi manajemen telah banyak menyumbangkan piala untuk Universitas Bakrie, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Contohnya mahasiswa program studi manajemen memenangkan lomba ALSA National English Competition. Kategori Paper Presentation sebagai juara 3 tingkat nasional, dan masih banyak lagi. Dapat dilihat di link berikut 

6.Memiliki Kurikulum yang Up To Date

Kurikulum program studi manajemen selalu disusun up to date mengikuti perkembangan dan kekinian, sehingga mahasiswa kelak menjadi lulusan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan baru di pekerjaannya masing-masing. Kurikulum mengacu pada model pembelajaran yang menggabungkan technical-skill based dengan komponen soft-skill based learning dalam upaya menumbuhkan nilai dan jiwa  entrepreuner pada mahasiswa.

 

-Keunggulan Universitas Bakrie dari pada universitas lain

*Mahasiswa ditumbuhkembangkan kreatifitas berfikir untuk memiliki jiwa wirausaha 

*Mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga dengan praktik-praktik nyata di lapangan melalui Guest Lecturer dan Company Visit setiap semester.

*Mahasiswa di didik oleh dosen berkualitas dan berpengalaman

* Mempunyai full AC di setiap ruangan kelas dan kampus

* Tempat yang strategis yaitu berada di kawasan Elite Epicentrum

 

 

 

 

 

 

 

Kurikulum  prodi manajemen disusun selalu up to date mengikuti perkembangan dan kekinian, sehingga mahasiswa kelak menjadi lulusan yang mampu segera beradaptasi dengan lingkungan baru di pekerjaannya masing-masing. Kurikulum mengacu pada model pembelajaran yang menggabungkan technical-skill based dengan komponen soft-skill based learning dalam upaya menumbuhkan nilai dan jiwa entrepreuner pada mahasiswa.
Semester 1Semester 2Semester 3Semester 4Semester 5Semester 6Semester 7

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

 
 

ACCT11001

AKT101

Pengantar Akuntansi1)/Principles of Accounting1)

4

 

MGMT11001

MNJ101

Pengantar Manajemen/Principles of Management

3

 

ECON11001

MNJ102

Ekonomi Mikro/Microeconomics

3

 

MATH11001

MNJ104

Matematika Bisnis/Business Mathematics

3

 

BUSS12003

MNJ107

Komunikasi Bisnis/Business Communication

3

 

MKDU14002

UNI102

Agama/Religion

2

 

Total SKS

18

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

 
 

ECON11002

MNJ103

Ekonomi Makro/Macroeconomics

3

 

MATH11002

MNJ105

Statistika Bisnis 1)/Business Statistics1)

4

 

MATH11003

MNJ106

Terapan Komputasi Bisnis 1)/                               Applied Business Computation1)

4

 

MKDU14001

UNI101

Bahasa Indonesia

2

 

ENGL11001

UNI104

Bahasa Inggris I/English I

3

 

MGMT11002

UNI105

Sosiologi/Sociology

2

 

Total SKS

19

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

 
 

ENTR12001

MNJ201

Pengantar Bisnis/Introduction to Business

3

 

FINN12001

MNJ202

Keuangan Perusahaan I/Corporate Finance I

3

 

MGMT14106

MNJ203

Tata Kelola Perusahaan/Corporate Governance

3

 

BUSS12002

MNJ204

Riset Bisnis/Business Research

3

 

BUSS12004

MNJ211

Hukum Bisnis/Business Law

3

 

ENGL11002

UNI204

Bahasa Inggris II/English II

3

 

Total SKS

18

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

 
 

BUSS12001

MNJ205

Kewirausahaan/Entrepreneurship

3

 

FINN12002

MNJ206

Keuangan Perusahaan II/Corporate Finance II

3

 

MGMT12001

MNJ207

Manajemen Proyek/Project Management

4

 

FINN13001

MNJ208

Lembaga dan Pasar Keuangan/                            Financial Market and Institutions

3

 

MATH12001

MNJ209

Pemodelan Keputusan Bisnis1)/                             Business Decision Modeling1)

3

 

BUSS13001

MNJ210

Kepemimpinan Dinamis/Dynamic of Leadership

3

 

MKDU14003

UNI106

Pend.Pancasila & Kewarganegaraan/Citizenship

3

 

Total SKS

21

 

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

 
 

ACCT12002

AKT202

Akuntansi Manajerial I1)/Managerial Accounting I1)

4

 

MGMT13001

MNJ302

Manajemen Operasi dan Produksi1)/                      Production and Operations Management1)

4

 

MGMT13002

MNJ306

Manajemen Pemasaran/Marketing Management

4

 

MGMT13008

MNJ307

Manajemen Penjualan/Sales Management

4

 

MGMT13006

MNJ309

Perilaku Organisasi /Organizational Behavior

3

 

Total SKS

19

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

 
 

ACCT13004

AKT304

Analisis Laporan Keuangan1)/                                Financial Statement Analysis1)

4

 

ENTR13001

MNJ301

Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan/          Entrepreneurial Skills Development

3

 

MGMT13003

MNJ303

Manajemen Sumber Daya Manusia/                     Human Resources Management

4

 

MGMT14102

MNJ304

Manajemen Krisis/Crisis Management

3

 

BUSS14001

MNJ305

Etika Bisnis/Business Ethics

3

 

MGMT13007

MNJ308

Pengelolaan Bisnis Internasional/                           Managing International Business

3

 

Total SKS

20

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

 
 

 

 

Pilihan 2/Elective 2

3

 

BUSS14003

MNJ499

SKRIPSI/Tugas Akhir/Final Assignment

6

 

Total SKS

9

 

 

 

 

TOTAL SKS YANG HARUS DIAMBIL

144

 

Kode Lama

Kode Baru

Nama Mata Kuliah Pilihan

SKS

 
 

 

 

ENTREPRENEUR

 

 

ACCT13002

AKT205

Perpajakan I1)/Taxation I1)

4

 

FINN15001

MNJ405

Keuangan Mikro/Microfinance

3

 

MGMT4105

MNJ409

Manajemen Risiko/Risk Management

3

 

MGMT4109

MNJ410

Merjer dan Akuisisi/Merger and Acquisition

3

 

 

 

INTRAPRENEUR

 

 

FINN14108

MNJ403

Manajemen Investasi/Investment Management

3

 

MGMT14103

MNJ407

Manajemen Risiko Perusahaan/                            Corporate Risk Management

3

 

MGMT14109

MNJ408

Manajemen Rantai Pasokan/                                Supply Chain Management

3

 

MGMT4109

MNJ410

Merjer dan Akuisisi/Merger and Acquisition

3

 

 

MNJ411

SAS - Analytics1

3

  

Visi

Menjadi program studi S1 Manajemen terkemuka di Indonesia dan dikenal secara global , dalam menghasilkan karya maupun lulusan yg memberikan dampak dan perubahan positif signifikan pada dunia bisnis dan masyarakat luas.

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dengan sistem pembelajaran yang terintegrasi dengan lingkungan bisnis yang  kuat , yang didukung oleh penguasaan perangkat teknologi yang tinggi dan penggunaan beragam literature akademik yang up to date.
  • Membangun academic atmosphere yang mendukung pencapaian  sasaran intrapreneur danentrepreneurship yang tangguh.
  • Melaksanakan kegiatan riset unggulan di berbagai disiplin ilmu manajemen dan bisnis untuk menghasilkan temuan-temuan sebagai dasar dalam menyusun kebijakan berlandaskan  kasus bisnis nasional dan global.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan (advisory services), teknologi dan bisnis yang dapat memberikan manfaat pada usaha kecil menengah (small-medium enterprises), sektor swasta maupun pemerintah.

Program studi manajemen merupakan program studi (prodi) pertama saat masih bernama Bakrie School of Management (BSM) dan saat ini menjadi prodi unggulan di Universitas Bakrie. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  No. SK Akreditasi Prodi Manajemen: No. 0811/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016. prodi manajemen Universitas Bakrie memperoleh akreditasi peringkat B yang berlaku sampai bulan Februari 2021. Saat ini sedang berproses untuk mendapatkan akreditasi A. Pada tahun 2013, prodi manajemen meraih predikat “ The Best School of Management “ dari MIX Marketing Communications Magazine (SWA Group).

Read more ...