4 tahun petualangan di Universitas Bakrie merupakan tahun-tahun terbaik dalam hidup saya. Setelah lulus di SMA Batam tahun 2011, saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan saya ke Universitas Bakrie, saya pilih Ilmu Politik. 

Banyak yang tertawa atau bahkan heran mengapa saya memilih jurusan ilmu politik. Namun, saya tidak pernah menyesalkan setiap keputusan yang saya ambil.

Sekarang saya bekerja sebagai content marketer di perusahaan e-commerce di Asia yang eksis di 7 negara termasuk Indonesia bernama iPrice Group. Semenjak pertama kali masuk tiga bulan lalu, sampai sekarang saya sudah dipercaya memimpin beberapa project yang iPrice buat. Saat ini saya juga sudah dalam tahap promosi menjadi senior content marketer.

Di tulisan ini saya ingin berbagi cerita mengenai hal-hal berharga yang saya “curi” selama kuliah di Universitas Bakrie.

Peran Vital Pengajar

Salah satu hal terpenting dalam sebuah pendidikan adalah pendidik. Di Universitas Bakrie saya beruntung bisa mendapatkan dosen-dosen yang berjiwa muda. Metode pengajaran yang mereka gunakan mendorong adanya komunikasi dua arah, sehingga mahasiswa aktif melontarkan pandangan dan juga komentar. Bahan bacaan yang berbentuk case study membuat kami tidak hanya menghafal materi, namun juga mengerti dan menjadi lebih kritis.

Hal ini sangat bermanfaat ketika mulai masuk ke dunia kerja saat ini. Kita harus bisa aktif mengungkapkan ide dan gagasan, memberikan kritik yang membangun dan juga detail dalam mengerjakan semua pekerjaan yang diberikan kepada kita

Unit Kegiatan Mahasiswa

Selain dosen yang super, UKMA (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Universitas Bakrie juga memiliki kontribusi yang sangat besar bagi karir saya saat ini. Saat kuliah saya mengikuti UKMA EDS atau English Debating Society. Disini saya belajar banyak hal, mulai dari bagaimana cara menjelaskan sesuatu dengan runut, menghargai orang lain yang sedang menyampaikan pendapat dan masih banyak lagi. Universitas Bakrie juga memberikan dukungan yang sangat besar bagi saya ketika berkompetisi di Jakarta maupun di luar Jakarta.

Ilmu yang saya pelajari di English Debating Society merupakan soft skills utama yang menurut saya sangat bermanfaat bagi karir saya saat ini. Saat ini saya banyak berhubungan dengan orang, sehingga saya harus mengetahui bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik dan juga menjadi pendengar yang baik.

 

Aktif Dalam Organisasi

Poin terakhir yang menurut saya sangat bermanfaat adalah dosen-dosen di Universitas Bakrie. Saat ini Dosen-dosen di Universitas Bakrie banyak juga yang bekerja sebagai praktisi, sehingga akan banyak kesempatan yang bisa mereka bagikan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di kelas ke dunia nyata.

Mulai semester 3 saya sering dilibatkan salah satu dosen saya untuk ikut dalam projek penelitian, projek survey, kampanye kreatif dan masih banyak lagi. Disini saya belajar banyak hal dan yang lebih penting saya mengenal dan berteman baik dengan banyak orang. Pengalaman itu sangat berharga karena setelah saya lulus saya tidak hanya membawa ijazah S1, namun saya sudah mengantongi banyak pengalaman-pengalaman berharga yang bisa saya paparkan ketika melamar kerja.

Sedikit cerita tentang perusahaan saya bekerja sekarang iPrice, iPrice merupakan meta-search engine yang membantu  menghubungkan para pembeli dengan ratusan toko online di berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Hongkong dan Singapura. Mudahnya, di iPrice kami membantu masyarakat mencari, membandingkan dan membeli barang dengan penawaran terbaik dari berbagai e-commerce di Indonesia. Baru-baru ini kami juga baru mendapatkan pendanaan seri A sebesar US4 juta (Rp 53,3m). Buat yang mau tau lebih lanjut mengenai iPrice bisa lihat disini à iPrice Group

Ada beberapa pesan saya untuk para mahasiswa aktif atau calon mahasiswa Universitas Bakrie:

Pertama, ambil ilmu sebanyak-banyaknya dari dosen, karena mereka sudah dipastikan memiliki pengalaman dan juga pengetahuan yang lebih luas dari kita.

Kedua, aktif dalam kegiatan organisasi didalam atua diluar kampus, jangan jadi mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang). Masa-masa kuliah ini merupakan masa-masa penting bagi kita untuk a) memperluas koneksi yang kita miliki dan b) melatih soft skills kita, seperti cara berkomunikasi, cara bernegosiasi, kerja sama dan masih banyak lagi dan hal ini akan kita dapatkan ketika kita aktif dalam organisasi.

Pesan terakhir dari saya adalah terus berbuat baik dan menolong orang lain, karena pada dasarnya kita hidup untuk tolong menolong ?